VIDEO Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi soal Vaksin Covid-19: Gratis untuk Masyarakat

Oleh : Kominfo Mentawai | 17 Des 2020 | 10:27:35 WIB | Dilihat : 357 Kali

Berita Terkait

Berita Populer

VIDEO Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi soal Vaksin Covid-19: Gratis untuk Masyarakat

Keterangan Gambar : Presiden RI Joko Widodo


mentawaikab.go.id_JAKARTA - Setelah menuai polemik terkait dengan vaksinasi yang berbayar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bahwa vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah mendapat masukan dari masyarakat Selain mengumumkan penggratisan vaksin, Jokowi juga menyatakan siap menjadi penerima vaksin pertama. 

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya pada Rabu (16/12) dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Dapat saya sampaikan bahwa Vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyatakan, pihaknya selain menerima masukan dari masyarakat, juga melakukan kalkulasi atau perhitungan ulang mengenai keuangan negara. 

Ia menginstruksikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merelokasikan anggaran lain terkait kesediaan dan vaksin gratis ini.

Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tak melakukan vaksinasi. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi penerima vaksin pertama di Indonesia. 

Menurut Jokowi, langkah ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan pada masyarakat bahwa vaksin aman.

 “Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” tegasnya.

Terakhir, Jokowi mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan juga menjaga jarak untuk mencegah penyebaran Virus Corona. (Tribun-Video.com/Fransisca Mawaski)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment