Sosialisasi Penanggulangan Bencana oleh Desa Tangguh Bencana (Desatana)

Oleh : Super Admin Kominfo | 26 Des 2022 | 16:43:32 WIB | Dilihat : 625 Kali
Sosialisasi Penanggulangan Bencana oleh Desa Tangguh Bencana (Desatana)

MENTAWAIKAB.GO.ID | SIKABALUAN - Tim Desa Tangguh Bencana lakukan sosialisasi penanggulangan bencana kepada setiap dusun Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara.Desa Tangguh Bencana (Destana) adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan (Perka BNPB No.1 Tahun 2012).

Artisman S.Par Fasilitator Desa Tangguh Bencana (Destana) mengatakan sikabaluan ini adalah salah satu daerah zona merah, awalnya kami melakukan sosialisasi secara bertingkat mulai dari BPD, KSB, Aparatur Desa, Desa, dan Dusun  hingga membentuk kelompok siaga lingkungan masyarakat dusun hingga finalisasi rencana kontijensi.

"Kita mengarahkan bagaimana masyarakat kita mempunyai ketangguhan kedepan jika terjadi bencana masyarakat sudah memiliki kapasitas".Ujarnya, Rabu (21/12/2022) Ruang Pertemuan Desa.

Ia juga mengatakan kita dorong kebijakan bagaimana setiap pembangunan yang ada di Desa Muara Sikabaluan sudah harus mengarah pada penanggulangan bencana karena letak daerah ini berada pada rawan bencana.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang kebencanaan, disamping dari tindak lanjut dari sikap partisipasi masyarakat dalam penanganan kebencanaan di wilayah terkait. Selain itu kesadaran akan kebencanaan bisa dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga sebagai garda depan penanggulangan bencana secara mandiri dan kolektif. (Wnr)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment