Sestama BNPB beserta rombongan BPBD Provinsi Sumbar Kunjungi Mentawai

Oleh : Kominfo Mentawai | 23 Okt 2020 | 09:52:14 WIB | Dilihat : 183 Kali
Sestama BNPB beserta rombongan BPBD Provinsi Sumbar Kunjungi Mentawai

Keterangan Gambar : Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat menerima Sestama BNPB beserta rombongan BPBD Sumbar di Tuapejat


mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT- Dalam kurun waktu beberapa minggu belakangan, selain merebaknya bencana non alam pandemi Covid-19 di Kepulauan Mentawai, bencana alam gempa bumi juga mengintai warga setempat.

Gempa bumi susulan yang terjadi dirasakan warga dan menyita perhatian Pemerintah Pusat serta Provinsi, terutama karena Mentawai memiliki potensi terjadinya megathrust (gempa besar) menurut para Ilmuwan.

Oleh sebab itu, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah beserta rombongan dari BPBD Provinsi Sumatera Barat meninjau langsung kesiapan mitigasi bencana dan penanganan bencana alam seperti gempa dan tsunami maupun bencana non alam yang tengah merebak saat ini yakni Virus Corona.

"Tujuan kedatangan kita untuk mencek langsung bagaimana kesiapsiagaan Pemerintah dalam menanggulangi atau antisipasi jika terjadi bencana gempa besar  dan sekaligus penanganan pandemi Covid-19," tutur Harmensyah,Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di aula Setda, Kamis (22/10/2020).

Ia mengingatkan bahwa perlu adanya simulasi dan upaya dari seluruh stakeholder, serta seluruh masyarakat dengan menggunakan kearifan lokal (local wisdom) untuk bertahan di saat terjadi bencana.

"Ketika terjadi gempa kecil berulang kali menjadi early warning system.

Kita berharap disiapkan cara bertahan untuk hidup ketika terjadi bencana di tempat-tempat yang rawan. Hal ini bisa dibantu oleh TNI/Polri. Namun kita semua bertanggung jawab untuk menyiapkannya," ujar Harmensyah.

Ia mencontohkan perlunya membuat untaian tali di atas pohon pada area rawan bencana sehingga warga bisa berlindung di atas pohon, dan menggunakan alat sesuai kearifan lokal untuk memanggil warga melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Selanjutnya, Harmensyah juga mengingatkan warga agar tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker hingga menutupi hidung dan dagu saat beraktivitas di tempat umum.

Kemudian, rajin mencuci tangan memakai sabun atau menggunakan hand sanitizer saat berada di keramaian maupun ketika pulang ke rumah.

Selain itu, tetap menjaga jarak, dan yang terpenting menjaga stamina atau imunitas tubuh dengan rajin berolahraga serta mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

"Pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita agar menjaga kesehatan dan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Tidak harus mahal, namun kita bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah untuk menanam buah-buahan dan sayur mayur lokal.

Apalagi, tanah kosong di Mentawai masih banyak tersedia," imbuhnya.

Ia berharap melalui kunjungannya, persiapan mitigasi bencana lebih masif dan nyata lagi untuk mengurangi risiko jatuhnya korban dan dampak perekonomian.(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment