Sekda Mentawai Harapkan UPZ Rutin Melakukan Pungutan Zakat di OPD

Oleh : Kominfo Mentawai | 06 Jul 2021 | 14:14:18 WIB | Dilihat : 591 Kali
Sekda Mentawai Harapkan UPZ Rutin Melakukan Pungutan Zakat di OPD

Keterangan Gambar : Sekda Mentawai, Martinus Dahlan membuka Pelatihan Unit Pengumpulan Zakat di aula Sekretariat Daerah,Senin (5/7/2021).


Tuapejat, Mentawaikab.go.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan membuka kegiatan pelatihan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di aula Sekretariat Daerah Km. 5, Kecamatan Sipora Utara, pada Senin (5/7/2021).

Dalam arahannya ia menyampaikan bahwa pemungutan zakat terutama di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) rutin dilakukan dan jangan sampai macet.

"Terutama kepada ASN kita, kepada petugas tidak hanya memungut dan mengumpulkan, namun juga menjelaskan kepada masyarakat kita, agar mereka tidak ragu, saya lihat sudah mulai macet, saya harap untuk diingatkan kembali ke OPD" katanya.

Ia menyebutkan untuk di Pemerintahan swperti di OPD agar lebih semangat dan greget untuk terlibat dalam pemungutan zakat tersebut. Menurutnya kegiatan atau zakat tersebut bisa mwmbantu masyarakat di Kepulauan Mentawai bagi yang membutuhkan.

"Keterlibatan kita di OPD untuk lebih greget, karena ini bisa membantu saudara saudara kita yang kurang mampu, maka di OPD harus dibentuk pengurus pengumpul zakat," tutur Martinus.

Terutama lanjut dia saat pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat dan juga pengusaha yang terdampak termasuk pendidikan dan ekonomi sangat terkendala, tentunya dengan adanya kegiatan dan zakat tersebut sehingga masyarakat yang tetdampak bisa terbantu sebab zakat tersebut banyak kegunaannya.

"Jadi tidak ada lagi macet harus digerakkan kembali, bagaimana peran kita di pemerintahan, kalau di tempat pengusaha sudah pastilah, tapi kita di OPD," katanya.

Ia berharap kepada pengurus Badan Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Mentawai untuk tetap melakukan pengumpulan zakat.

"Kepada peserta pelatihan UPZ agar mengikutinya dengan baik bagaimana cara penghitungannya dan sebagainya, termasuk bertanya jika ada yang merasa ragu, agar nantinya di lapangan tim pengumpul tahu apa-apa yang dilakukan, jika tidak mengerti maka akan macet karena ujung tombaknya adalah unit pengumpul zakat," jelasnya.

Termasuk perwakilan-perwakilan UPZ yang ada di OPD agar tetap melaksanakan tugasnya sebagaimana meatinya dan juga bagi peserta pelatihan tetap serius sehingga bertambah wawasannya tentang pengumpulan zakat. (Str).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment