Pemkab Mentawai Tingkatkan Pengawasan Terhadap Kapal Wisatawan di Era New Normal

Oleh : Kominfo Mentawai | 08 Jul 2020 | 18:39:47 WIB | Dilihat : 293 Kali
Pemkab Mentawai Tingkatkan Pengawasan Terhadap Kapal Wisatawan di Era New Normal

Keterangan Gambar : Salah satu kapal yang membawa wisman le Mentawai saat bersandar di dermaga Tuapeijat


mentawaikab go.id_TUAPEIJAT - Belajar saat pandemi Covid-19 dan era new normal, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal mengintensifkan pengawasan wisatawan yang berkunjung ke Mentawai terutama melalui kapal wisatawan.

Sebelumnya, marak kapal-kapal selancar wisatawan yang datang ke Mentawai tanpa melapor.

"Setiap kapal wisatawan yang datang ke Mentawai, wajib melapor dan masuk ke Pelabuhan Mentawai yang sudah ditentukan. Tiga pelabuhan itu di Tuapejat, Sikakap, dan Muara Siberut, tidak boleh langsung  ke spot yang dituju," tutur Serieli BW saat konferensi pers, Rabu (8/7/2020).

Selanjutnya, peran TIC atau tourism information center semakin diperkuat, dan berkemungkinan bekerjasama dengam Pol PP untuk menertibkan wisatawan yang datang tanpa melapor atau tidak sesuai jalur.

Saat bersamaan, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai, Joni Anwar menyebutkan bahwa pada era new normal, tamu yang berkunjung sudah ada sebanyak 27 orang, baik itu ke resort maupun melalui kapal-kapal selancar pariwisata.

Adapun konsep Wisata di Mentawai di era new normal, mengedapankan konsep clean, safety, healthy.

"Tiga konsep ini kita terapkan pada kawasan wisata maupun kapal selancar. Setiap kapal wisata dan resort harus melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, menyediakan hand sanitizer. Selain tamu, protokol kesehatan juga berlaku bagi kru kapal dan kru resort seperti pelaksanaan tes PCR," ujar Joni.

Ia mengatakan agar kapal selancar wisatawan yang ingin berkunjung melapor ke kantor syahbandar dan otoritas pelabuhan atau KSOP, dan mendapat izin terlebih dahulu.

"Ke depan selancar kita intens komunikasi dengan KSOP yang nantinya menjembatani kepada Syahbandar di Mentawai," imbuh Joni.

Ia juga menyebutkan bahwa mayoritas
tamu resort di Mentawai dicancel atau dibatalkan hingga Desember 2020. Joni berharap, tamu yang terkurung di tempat lain seperti Lombok, Bali, dan daerah wisata lainnya di Indonesia, bisa beralih berwisata ke Mentawai.
(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment