Kurangi Resiko Kecelakaan Laut SAR Mentawai Lakukan Ini

Oleh : Suardi Santo | 12 Nov 2019 | 14:53:29 WIB | Dilihat : 789 Kali
Kurangi Resiko Kecelakaan Laut SAR Mentawai Lakukan Ini

Keterangan Gambar : SAR Mentawai Gelar Rakor rencana kontijensi di Tuapeijat


mentawaikab.go.id_TUPEIJAT - Kantor SAR Kelas B Mentawai mengadakan rapat koordinasi bersama unsur stakeholder terkait dalam rangka penyusunan rencana kontijensi kecelakaan laut di Kepulauan Mentawai, Senin (11/11) di Aula Kantor SAR Mentawai.

Kasi Ops SAR Mentawai Hendri menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya meningkatkan operasi pencarian dan pertolongan saat terjadi kecelakaan laut, baik kapal hilang kontak, tenggelam atau kondisi yang membahayakan keselamatan manusia baik di laut maupun darat.

Rapat koordinasi tersebut juga bertujuan mempererat dan meningkatkan sinergitas antar kantor SAR dan unsur stakeholder terkait. Selain itu membahas tentang kegiatan pelatihan potensi SAR yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

" Disamping rapat koordinasi penyusunan rencana kontijensi kecelakaan laut, SAR Mentawai akan mengadakan Pelatihan Potensi SAR, yang nanti akan dibuka Direktur Bina Potensi Marsekal Pertama TNI Faturakhman Indra Jaya SE, MM, " terangnya.

Ia menyebutkan bahwa Kepulauan Mentawai merupakan salah satu wilayah yang sangat berpotensi terjadinya mencelakakan laut, kondisi geografis Mentawai yang merupakan kepulauan membuat akses yang digunakan kebanyakan melalui laut,

" Untuk itu sangat penting rasanya kita melakukan penyusunan rencana kontijensi dan pelatihan potensi SAR, potensi kecelakaan laut sangat tinggi, misalnya penyebrangan ASDP, kapal cepat, kapal antar pulau dan yang lainnya, untuk meminimalisir dampak terjadinya korban jiwa, kita perlu memperkuat tim Sar," tukasnya.

Ikut terlibat dalam acara tersebut Tim SAR, Unsur TNI dan Polri, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai, Tim Dinas Perhubungan Mentawai dan perwakilan penyelam dari Dinas Perikanan Mentawai.  (Red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment