VISI KABUPATEN MENTAWAI


Resmi diberikan mandat untuk memimpin mentawai untuk 5 tahun kedepan, kita akan membentuk Masa depan mentawai, yang tidak semata-mata tumbuh, tetapi bagaiamana pertumbuhan itu harus Diatur, kita tidak akan mengalami perubahan secara pasif, tetapi akan melakukan perubahan yang dinamis dan terpadu. Kita semua melakukan kolaborasi yang saling menopang untuk menemukan problem dan peluang Yang bisa kita jadikan pendekan-pendekatan ekonomi dan peningkatan pendapatan bagi rakyat. Pembangunan yang yang bermakna kerakyatan adalah pembangunan yang dimulai dari rakyat. Oleh rakyat dan untuk rakyat, dengan bertumpu pada sumber daya manusia. Memperbaiki mutu hidup masyarakat mentawai secra merata, pertanyaan yang timbul adalah Bagaimana konsep strategi, kebijakan, perencanaan, pertanggungjawaban dan evaluasi. Upaya untuk memperbaiki mutu hidup masyarakat secara merata, tidak mungkin dilakukan tanpa Pertumbuhan yang memadai. Untuk mendorong pertumbuhan maka diperlukan investasi, dan investai Memerlukan prasyarat yakni dukungan infrastruktur, dukungan sumber daya manusia serta dukungan dari organisasi serta manajemen yang memadai. Secara makro, upaya untuk menerobos isolasi wilayah Perlu ditingkatkan dalam rangka membangun konektivitas wilayah secara ekonomis.

Kemudian Membangun pusat-pusat pertumbuhan yang akan berfungsi sebagai mesin utama untuk memutar roda Pertumbuhan. Pertumbuhan itu akan kita gerakkan oleh satu sektor yang sangat potensial yang dapat Mendorong pertumbuhan dari sektor-sektor lain, membuka peluang kerja dan usaha agar dapat pertumbuhan di kawasan itu. Pembagunan mentawai harus dilihat dari kerangka yang lebih luas yakni siberut, sipora, pagai selatan dan pagai utara untuk itu akan mendorong pada masing-masing pulau diciptakan pusat pertumbuhan ekonomi dan diintegrasikan dengan pusat pertumbuhan lainya baik regional, nasional maupun intregrasi ke pusat pertumbuhan internasional. Secara fenomena konsep pembangunan yang terintegrasi dalam satu kawasan mewujudkan pelayanan perkotaan di kawasan perdesaan atau dengan istilah lain menciptakan kota di perdesaan. Dalam konteks pembangunan, pendekatan angropolitan sering disebut pembangunanpertanian pedesaan yang didukung pembangunan industri dan jalan, dimana karakteristik pedesaan dan perkotan dan akan terintegrasi secara harmonis. Dengan konsep demikian, masing-masing kawasan di mentawai akan diarahkan pada pengembangan keunggulan di masing-masing pulau dan bahkan mengarah pada spesialisasi komoditas di tiap-tiap pulau dan akan diintegrasikan antara sektor hulu dan sektor hilir.pembangunan pusat pertumbuhan di masing-masing kawasan dengan spesialisasin produk unggulannya, misalnya untuk kawasan pertumbuhan siberut pagai utara akan dibangun sentra budidaya ikan.

untuk kawasan siberut selatan akan dibangun kawasan pertanian, perkebuban dan perternakan, untuk kawasan siberut barat daya akan di dikembangkan KEK pariwisata, untuk kawasan sipora utara akan dibangunkawasan industri dan pertanian holtikultura, untuk kawasan pagai utara dan sikakap akan dibangun industri kelautan dan perikanan, demikian dengan kawasan pagai selatan akan dibangun kawasan perikanan, pertanian dan perkebunan rakyat. Secara mukro, maka apabila kita mmbangun masyarakat Mentawai, masyarakat dominan berada di Desa, maka pembangun masyarakat Mentawai identik kita membangun Desa Upaya perbaikan mutu hidup masyarakat dilaksanakan dengan konsep pembangunan Desa, melalui program-program sektoral dari OPD seperti perbaikan tingkat pendidikan, perbaikan tingkat kesehatan, perbaikan makan dan gizi, perbaikan pertumbuhan dan lingkungan, serta perbaikan ekonomi dan tetap membina hidup beriman. Program yang sangat mendasar adalah memperbaiki mutu hidup masyarakat Desa dengan standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, kemudian semua Desa harus di dorong untuk mencapai standar minimum penyediaan infrastruktur dasar di Desa. Pada 5 tahun kedepan ini dari sejumlah program yang akan kami kerjakan kami menawarkan 10 Agenda prioritas yang kami sebut dengan “ Dasa Cita” untuk memberi jalan bagi kelahiran kemandirian Mentawai

MISI KABUPATEN MENTAWAI


Program yang kita tawarkan adalah

“Mentawai Cerdas”

, dengan salah satu indikator krmajuan pendidikan yakni meningkatnya angka partisipasi murni (APM) semua jenjang pendidikan, dan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) lebih jauh kita melihat persoalan pendidikan, kita masih melihat kekurangan tenaga Guru disetiap tingkatan, juga kualitas guru yang masih rendah dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, kita akan melanjutkan pengadaan guru kontrak, sehingga rasio guru terhadap kelas menjadi 1:1. berbarengan dengan penyediaan tenaga guru, kita akan meningkatkan kualitas, disiplin dan karakter guru melalui berbagai pembinaan dan pelatihan. Peningkatan kesejahteraan guru yang sudah kita lakukan seperti memberikan Tunjangan Daerah, tentunya merupakan momentum ideal bagi kita semua termasuk guru dalam meningkatkan keterampilan dan propesionalitasnya. Pemberian beasiswa akan terus ditingkatan dan pendirian universitas akan terus diperjuangkan. Jadi jelaslah, bahwa pendidikan merupakan masalah masalah struktural pertama yang harus segera diatasi. Agar Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki Sumber Daya Manusia yang cerdas, bermutu dan produktif, maka tidak bisa tidak, bidang pendidikanlah yang pertama-tama harus dibenahi yakni Mentawai dapat mengejar ketertinggalannya dari kabupaten kota lainnya di Sumatera Barat.

Experience
Author

Newshub is one of the excellent magazine in the world.Newshub magazine reached many readers.