Yudas : Sepintas Dalam Sejarah Terkait Mekarnya Mentawai Menjadi Kabupaten

Oleh : Suardi Santo | 05 Okt 2019 | 18:04:33 WIB | Dilihat : 172 Kali
Yudas : Sepintas Dalam Sejarah Terkait Mekarnya Mentawai Menjadi Kabupaten

Mentawaikab.go.id_ Tuapejat - Genap 20 tahun Mentawai menjadi kabupaten terhitung sejak 4 Oktober 1999 sampai 4 Oktober 2019.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menyampaikan terima kasihnya kepada pejuang pertama Kabupaten Kepulaua Mentawai, "Kita menyampaikan penghargaan setinggi-tinggi kepada Tokoh-tokoh pendiri Kabupaten kepulauan Mentawai," ungkap Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet saat sambutannya pada rapat Paripurna hari HUT ke 20 Mentawai di Km-5 Tuapejat. Jumat, (4/10/2019).

Ia menyebutkan para pendiri itu adalah Anggota DPRD pertama, Kapolres pertama, Dandim pertama, Kajari yang pertama atau Forkopimda pertama di Mentawai.

"Dan Istimewa kami sampaikan kepada Almarhum Pj. Bupati Mentawai, Drs. Badril Bakar dan Keluarga," tambahnya.

Kemudian kepada Bupati Mentawai Pertama Edison Saleleubaja dan Wakil Bupati pertama, Astarmizi serta Ketua DPRD pertama, San Andi Iklas Samaloisa.

Selain itu ucapan terima kasih kepada Antonius Samangilailai atas Partisipasi dalam pembangunan di Mentawai.

Yudas menyebutkan sepintas dalam sejarah terkait mekarnya Mentawai menjadi kabupaten atas kesadaran Masyarakat Mentawai yang dimotori Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai (IPMEN) se Sumatra Barat pada tahun 1980.

"Dengan gerakan Pendidikan yakni dengan mendorong dan mensponsori anak Mentawai untuk meneruskan Pendidikan Guru (SPG)," imbuhnya.

Saat itu IPMEN mengagas secara terbuka seminar di Gedung Bagindo Azis Chan di kota Padang bersama Yayasan Laggai Simaeru pada tahun 1994.

"Seminar itu membicarakan hal-hal terkait Mentawai menjadi kabupaten Otonom dari kabupaten Padang Pariaman," katanya.

Hasil seminar tersebut, muncul Forum Komunikasi Masyarakat Mentawai (FKMM) dengan tujuan sebuah Otonomi kabupaten kepulauan Mentawai. Perjuangan ini adalah peejuangan untuk Rakyat Indonesia.

Sehingga Aspirasi ini dapat di terima oleh Pemerintah Pusat resmi menjadikan Mentawai sebagai kabupaten Otonomi pada tahun 1999.

Hal tersebut berdasarkan Undang-undang nomor 49 tahun 1999. Seiring bergantinya waktu pada 4 Oktober 2019 ini, kabupaten kepulauan Mentawai telah berusia 20 tahun.

Maka melalui Peringatan hari jadi kabupaten Mentawai ke 20 ini sangat bermakna. Secara Filosofi memberikan makna tentang upaya melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah yang menjadi Pondasi bernilai bagi refrensi masa sekarang dan masa depan.(**)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment