Waspada Covid 19, Kadinkes Mentawai Minta Penumpang Kapal dari Padang Jujur ke Petugas

Oleh : Kominfo Mentawai | 27 Mar 2020 | 14:33:47 WIB | Dilihat : 483 Kali
Waspada Covid 19, Kadinkes Mentawai Minta Penumpang Kapal dari Padang Jujur ke Petugas

Keterangan Gambar : Pengawasan terhadap para penumpang Mentawai Fast di Dermaga Tuapeijat


mentawaikab.go.id_Kepala dinas kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar menyatakan bahwa perkembangan ODP (Orang Dalam Pemantauan) di Kepulauan Mentawai baru mencapai 14 orang berdasarkan akumulasi data dari 19 hingga 26 maret 2020.
 
Ke empat belas orang tersebut kata Dia diketahui datang dari daerah terjangkit yaitu Jakarta dan Medan.
 
"13 orang dari Jakarta dan 1 orang dari Medan. Penyebaran ODP ini diantaranya, satu di Sikakap, satu di Siberut, delapan di Tuapejat, dan empat di Sipora jaya," ungkap Lahmuddin, Kamis (26/3/2020).
 
Sementara untuk data pasien dalam pengawasan (PDP), katanya, masih nihil dan belum ada yang diuji di laboratorium. Jika PDP ditemukan di Mentawai maka akan diisolasi dan baru disiapkan untuk dirujuk ke Padang untuk pemeriksaan selanjutnya.
 
"ODP yang terdata kita imbau melakukan isolasi mandiri di rumah, istirahat, menjaga pola hidup sehat, dan tidak berada di keramaian. Mudah-mudahan dalam waktu 14 hari bisa sehat," imbuhnya.
 
Terkait langkah-langkah yang diambil Pemerintah dalam mencegah dan meminimalisir dampak penyebaran pandemi Covid-19 ini, kata Lahmuddin, sudah diupayakan pada segala sektor dimana ada protokol yang sudah melakukan di-sinfeksinasi, protokol di area publik hingga tim tingkat kecamatan.
 
Lahmuddin mengimbau kepada masyarakat agar melakukan prilaku hidup sehat, jaga jarak (physical distancing) dimanapun berada agar tidak menularkan dan tertular, dan tetap waspada, apalagi sudah ada potensi.
 
"Harapan kita, ketika ada petugas yang memeriksa dan men-cek suhu penumpang yang turun dari kapal-kapal di Padang, harus jujur saat ditanya darimana  untuk membantu meng-antisipasi penyebarannya. Apalagi ada 5 kasus di Sumbar, kita harus tingkatkan kewaspadaan, jangan anggap sepele, dan jangan lagi ada di kerumunan apalagi membuat keramaian," Himbaunya (KS)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment