Tingkatkan Profesionalisme, 18 Wartawan Mentawai Bakal Ikuti KLW-PWI Sumbar

Oleh : Suardi Santo | 04 Sep 2019 | 07:57:13 WIB | Dilihat : 141 Kali
Tingkatkan Profesionalisme, 18 Wartawan Mentawai Bakal Ikuti KLW-PWI Sumbar

Keterangan Gambar : Penasehat PWI Mentawai, Rahadio saat memberikan pembekalan materi KLW


mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT-  Untuk melahirkan kader wartawan yang profesional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat akan kembali  menggelar Karya Latih Wartawan (KLW) tahun 2019 untuk tingkat dasar dan tingkat lanjut.

Sebelum mengikuti KLW yang akan digelar di kota Padang pada tanggal 7 September 2019, 18 calon anggota muda PWI Kepulauan Mentawai dari berbagai media  ikuti pembekalan di Sekretariat PWI Mentawai Selasa, (3/9/2019) malam.

Ketua PWI Kepulauan Mentawai Eryanto Leo  mengatakan, KLW  merupakan program kerja PWI Sumbar yang menjadi representasi bagi wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Provinsi Sumbar khususnya bagi wartawan di Kepulauan Mentawai.

"Mudah-mudahan KLW ini bisa jadi representasi bagi rekan-rekan wartawan di Mentawai, dengan harapan semua bisa lulus dalam mengikuti ujian KLW" ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, PWI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistik.

Eryanto juga menambahkan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat, sehingga sebagai seorang pemburu berita, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.

"seorang  wartawan harus jelas memilih organisasi resmi yang diakui Dewan Pers.  Setiap wartawan harus  tergabung dalam organisasi wartawan, supaya wartawan bersangkutan memiliki kepastian hukum ketika ada masalah," tuturnya.

Ketua PWI Mentawai dua periode tersebut  sangat mengapresiasi semangat wartawan Mentawai, karena menurutnya, puluhan jurnalis dari berbagai media massa surat kabar, elektronik di daerah Bumi Sikerei ini sangat antusias untuk mengikuti tes menjadi anggota organisasi pers tertua di Indonesia tersebut.

Sementara penasehat PWI Kepulauan Mentawai Rahadio menuturkan, sebagai organisasi profesi, PWI  setidaknya harus menjalankan dua fungsi utama yaitu sebagai wadah untuk meningkatkan profesionalisme dan memfasilitasi untuk peningkatan profesionalisme bagi wartawan yang menjadi anggotanya, " KLW ini kan sebagai salah satu syarat bagi wartawan yang ingin menjadi anggota PWI, KLW juga merupakan fasilitas yang disediakan PWI untuk peningkatan profesionalisme wartawan," ujar Rahadio yang saat ini juga sebagai pengurus PWI Sumbar itu.

Rahadio yang dalam keseharian akrab disapa mas Dio itu mengatakan,  berbagai materi pada KLW nantinya bakal diberikan antara lain tentang pemahaman Undang undang no 40/1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik selain materi pokok tentang  jurnalistik, " seperti juga pada UKW, pada KLW ini kita berusaha berikan materi melalui pra pembekalan ini, agar nanti saat KLW mereka benar-benar siap, meskipun nanti di Padang mereka juga akan menerima pembekalan lagi," pungkas  mas Dio. (Nbl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment