Staf Ahli Bupati Mentawai Ajak Masyarakat Memanfaatkan Internet Dengan Baik

Oleh : Suardi Santo | 11 Okt 2019 | 09:46:16 WIB | Dilihat : 196 Kali
Staf Ahli Bupati Mentawai Ajak Masyarakat Memanfaatkan Internet Dengan Baik

Keterangan Gambar : Ilustrasi berbagai logo media sosial


mentawaikab.go.id_SIPORA JAYA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memberikan fasilitas internet berupa Very Small Aperture Terminal (VSAT) atau stasiun penerima sinyal dari satelit di beberapa desa di Kepulauan Mentawai. Fasilitas tersebut seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk hal yang lebih baik.

Staf Ahli Bupati Mentawai Ali Nurdin saat mewakili Bupati membuka acara pelatihan peningkatan kapasitas tenaga medis dalam memanfaatkan akses internet, Kamis (10/10) di Tuapeijat mengatakan   akses internet selama ini baru digunakan untuk bermedia sosial, padahal banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian didalamnya, selain mendapatkan banyak informasi menarik juga bisa mendapatkan peluang bisnis online, kemudian bagi pemilik usaha akomodasi perhotelan bisa memasang iklan dalam internet itu.

"Soal akses ini, harus kita perluas lagi untuk sektor ekonomi, kita tau bahwa banyak pengusaha masyarakat lokal dalam dunia pariwisata, misalnya ada penginapan lokal di tempat-tempat surfing, nah internet ini bisa dijadikan untuk mempromosikan atau tempat marketing menjual jasa penginapan, selanjutnya mempromosikan wisata yang ada di sekitar kita masing-masing, " paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya terkait kebencanaan internet juga bisa meningkatkan mitigasi berupa informasi untuk meningkatkan kemampuan dan penyadaran bagi masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, misalnya di bagian pantai barat Sipora dan Pagai Selatan dan Utara yang sempat dihantam bencana tsunami pada tahun 2010 silam.

"Saya kira internet bisa dimanfaatkan masyarakat baik dari sektor kesehatan, pendidikan, dunia usaha, kebencanaan dalam hal peningkatan mitigasi dan sebagainya, tinggal bagaimana memanfaatkan internet itu dengan baik, " pungkasnya.

Sementara itu Plt Kadis Kominfo Pudjo Rahardjo  Mentawai menyampaikan hal senada bahwa keberadaan akses internet di sejumlah desa yang dititipkan di Pustu atau Puskesmas harus dimanfaatkan dengan baik, dan tidak dijadikan sebagai tempat untuk menyebar kebohongan yang berujung pada konflik.

"Semua informasi ada di dalam internet, maka bukalah internet untuk mendapatkan informasi, tetapi harus juga bijak dalam bermedia sosial, harus bisa menyaring informasi yang benar sebelum dibagikan, istilahnya saring dulu baru sharing, " tutupnya. (Red).
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment