Polres Mentawai Sebut Kasus Kriminal di Wilayah Hukum Kepulauan Mentawai Turun di Tahun 2019

Oleh : Kominfo Mentawai | 12 Des 2019 | 11:59:34 WIB | Dilihat : 1,045 Kali
Polres Mentawai Sebut Kasus Kriminal di Wilayah Hukum Kepulauan Mentawai Turun di Tahun 2019

Keterangan Gambar : Iptu Irmon Kasat. Reskrim Polres Kepulauan Mentawai


menawaikab.go.id_TUAPEIJAT - Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim) Polres Kepulauan Mentawai Iptu Irmon menyebutkan setidaknya sejak Januari hingga 5 Oktober 2019 jumlah kasus kejahatan di wilayah hukum Polres hingga Polsek Kepulauan Mentawai mengalami penurunan dibandingkan tahun 2018 lalu.
 
"Tahun ini ada sekira 102 kasus, dengan penyelesaian kasus sebanyak 64 kasus,  atau sekitar 62,74%, sementara pada tahun 2018 lalu terdapat sekira 130 kasus yang terjadi " ungkap Iptu Irmon, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/12).
 
Irmon mengimbuhkan bahwa sebagian kasus yang belum tuntas tersebut masih dalam tahap penyelidikan dan tahap sidik belum P21.
 
Adapun kasus kejahatan yang terjadi sepanjang tahun 2019 ini, kata Iptu Irmon, didominasi oleh kasus pencurian dan penganiayaan. Sementara kasus pencabulan dominan di wilayah hukum Polsek Sikakap. Selanjutnya, kasus Tipikor Kepala desa Matobe dalam  tahap sidik 1 yaitu melengkapi administrasi penyidikan dan keterangan saksi.
 
"Selebihnya kasus yang belum selesai dilanjutkan pada tahap penyelidikan, bila tindak pidana dan cukup bukti maka naik ke tahap sidik, seperti kasus pencurian kita masih menjajaki pelaku," ulas Irmon.
 
Adapun kasus kriminal yang malang melintang di Bumi Sikerei tahun 2019 diantaranya, kasus pencurian, penganiayaan, cabul, kekerasan terhadap anak, tipikor, pengrusakan, dan penyerobotan tanah.
 
Irmon mengaku bahwa untuk mengoptimalkan pemberantasan kasus-kasus tersebut pihaknya terkendala akan kurangnya SDM, kesadaran masyarakat, dan faktor geografis.
 
"Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Mentawai, bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai terutama dalam agenda besar ke depan yakni, Natal dan Tahun baru, juga Pilkada  serentak Sumbar. Mari bersama-sama menjaga keamanan, tingkatkan kewaspadaan, bagi orang tua agar menjaga generasi muda agar jangan sampai terjebak pergaulan bebas," tutupnya. (KS)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment