Peringati HUT Ke-1 Asosiasi LPPL Radio TV Se Indonesia Gandeng Perusahaan Teknologi Platform SVARA

Oleh : Suardi Santo | 10 Okt 2019 | 07:46:53 WIB | Dilihat : 487 Kali
Peringati HUT Ke-1 Asosiasi LPPL Radio TV Se Indonesia Gandeng Perusahaan Teknologi Platform SVARA

Keterangan Gambar : Ketua Asosiasi LPPL Radio-TV Indonesia Erwin Ibrahim saat menandatangani naskah MoU bersama Svara


mentawaikab.go.id_ BANDUNG - Peringati HUT ke- 1 pada 9 Oktober 2019, Asosiasi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio  Dan Televisi Indonesia Gandeng Perusahaan Teknologi  Platform SVARA dalam Program Transformasi Digital Radio Siaran Bagi Radio Anggota Asosiasi LPPL Radio TV Indonesia Berbasis Platform SVARA.
 
Ketua Asosiasi LPPL Radio-TV Indonesia Erwin Ibrahim mengatakan nota kesepahaman ini untuk semakin mengoptimalkan penyelenggaraan penyiaran khususnya bagi radio  pemerintah daerah melalui siaran streaming.
 
Menurut Erwin, pengurusan izin penyelenggaraan penyiaran radio saat ini masih dibenturkan dengan regulasi birokrasi yang rumit, sehingga masih ada sekitar 40 persen LPPL Radio yang belum berizin.
 
" saat ini masih ada sekitar 40 persen lebih LPPL Radio Pemda yang belum berizin, sehingga mereka hanya bisa menyelenggarakan penyiaran secara streaming, dengan adanya kerjasama ini maka kita akan terbantu, " ujar Erwin pada sambutan Peringatan HUT ke 1 Asosiasi LPPL Radio TV Se Indonesia di hotel Grand Tjokro Bandung, Rabu, (9/10).
 
Sebagai lembaga penyiaran publik milik pemerintah daerah, keberadaan lppl radio berperan sebagai media komunikasi massa yang menyalurkan gagasan dan informasi pembangunan secara berkesinambungan, akurat, seimbang dan bertanggung jawab.
 
Dalam rangka menjalankan fungsinya, Erwin menjelaskan, LPPL merasa perlu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya dengan LKBN Antara, GVR TV,  Kelola Sendang-ZSL yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan saat ini asosiasi lppl kembali menjalin kemitraan bersama
Perusahaan Teknologi  Platform SVARA.
“Dengan kerja sama ini diharapkan semakin banyak informasi positif yang disajikan ke masyarakat, dan masyarakat pun dengan mudah dapat mengakses siaran radio melalui smartphone dimanapun berada, ” kata Erwin
 
Sementara itu Ana Supriatna  salah seorang nara sumber dari PT. Svara Inovasi Indonesia menyebutkan aplikasi svara merupakan aplikasi yang menghadirkan konsep baru dalam menikmati berbagai konten di radio.
Kata dia, pendengar tidak hanya dapat mendengarkan radio live streaming, tapi juga live chatting dengan penyiar, radio visual (live video), musik, dan podcast.
 
" Pada aplikasi Svara yang bisa di download di Google Play atau App Store memiliki beberapa fitur, di antaranya radio, musik, sosial, dan fitur library, " tutur Ana 
 
Pada fitur radio, kata Ana pengguna dapat mendengarkan radio, tapi tidak 
hanya itu saja, pengguna juga dapat melihat jadwal acara siaran, dan dapat mengetahui siapa penyiar radionya.
 
Svara juga dilengkapi dengan live chat. sehingga para pendengar dapat chating langsung dengan penyiar, beserta para pendengar lainnya.
 
Pada fitur sosial, pengguna aplikasi dapat membagikan audio, dan bisa didengarkan oleh pengguna lainnya.
Layaknya instagram, namun Svara membagikan audio, baik audio musik, maupun audio lainnya.
 
Asosiasi LPPL Radio-Televisi Nasional Se-Indonesia yang dikomandani Erwin Ibrahim berdiri pada Rakornas LPPL Pertama di Kabupaten Banyuasin pada tanggal 09 Oktober 2018 dan menjadi cikal Bakal Peringatan Hari Lahir Asosiasi LPPL Radio-Televisi Nasional Se-Indonesia.
 
Pada peringatan HUT ke-1 yang digelar walaupun hanya secara sederhana namun atas semangat kebersamaan dengan jalinan silaturahmi antar para pengampu LPPL radio yang hadir maka acara tetap berjalan meriah. (dio)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment