Penuhi Permintaan Warganya. Pemdes Tuapeijat Bangun Cover U Ditch

Oleh : Suardi Santo | 10 Jul 2019 | 16:13:36 WIB | Dilihat : 154 Kali
Penuhi Permintaan Warganya. Pemdes Tuapeijat Bangun Cover U Ditch

  mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT -   Pemerintah Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara-Kabupaten Kepulauan Mentawai  membangun Cover U Ditch
( Saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup. Umum nya digunakan untuk saluran drainase atau irigasi/red)

Cover U Ditch di sepanjang  saluran drainase di Dusun Camp Desa Tuapeijat itu dibangun untuk menindak lanjuti usulan masyarakat setempat.

Kepala Desa Tuapeijat Pusuibiat T. Oinan membenarkan hal itu. Dia mengatakan, sebelumnya pembangunan cover U Ditch sudah dilakukan pada tahun 2018 lalu. Dikarenakan anggaran tidak mencukupi, terangnya, pelaksanaan pembangunan cover U Ditch kembali dilanjutkan pada tahun anggaran 2019.

"sebelumnya pembangunan ini sudah dimulai tahun lalu. Iya karena anggarannya tidak cukup, maka kita lanjutkan tahun ini" kata Pusuibiat T.Oinan saat disambangi di kantornya, Kamis (4/7).

Menurutnya, kondisi  drainase yang berada di Dusun Camp Desa Tuapeijat tersebut, sebelumnya tidak memiliki cover U Ditch sehingga menimbulkan bau busuk yang menyegat.

Sementara itu Kepala Dusun Camp, Gely Nehe menuturkan,  selain menghindari bau busuk dari saluran  drainase, pembangunan cover U Ditch juga bertujuan untuk  memudahkan masyarakat setempat untuk melewati drainase itu, krena drainase yang ada di Dusun Camp juga bisa digunakan sebagai jalur evakuasi saat bencana melanda.

"Selain menghindari bau busuk, pembangunan cover U Ditch ini juga bisa memudahkan masyarakat kita melewati drainase tersebut. Karena drainase ini sering dilalui oleh masyarakat. Selain itu, dengan adanya cover U Ditch tersebut, maka drainase ini bisa di jadikan sebagai jalur evakuasi" ujarnya.

Pembangunan cover U Ditch disepanjang drainase di Dusun Camp Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara tersebut, menghabiskan dana sebesar Rp. 39.575.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019. (Nbl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment