Minat Anak Muda Mentawai Untuk Mengabdi Menjadi Tentara Semakin Tinggi.

Oleh : Suardi Santo | 04 Agu 2019 | 19:25:45 WIB | Dilihat : 355 Kali
Minat Anak Muda Mentawai Untuk Mengabdi Menjadi Tentara Semakin Tinggi.

Keterangan Gambar : Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didit Yusnadi saat melakukan seleksi Caba PK TNI AD TA 2019 di Makodim


mentawaikab.go.id_ TUAPEIJAT- Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didit Yusnadi menyebutkan minat anak muda Mentawai untuk mendaftar sebagai anggota TNI AD semakin meningkat.
 
Hal itu kata dia, terbukti  dengan semakin banyaknya  peserta yang mendaftar seleksi Calon Bintara Prajurit Karir (Caba PK) TNI AD TA 2019 sumber pulau terluar Kodim 0319 Mentawai, dimana  tahun 2019 ini jumlahnya  semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.
 
" kalau dari animonya ya semakin meningkat tahun ini ada 120 peserta yang mendaftar, sementara tahun lalu  hanya 105 peserta, " kata Didit Yusnadi usai memimpin sidang parade Caba PK TNI AD di Kodim 0319 Mentawai, Jumat (2/8).
 
Namun kata Didit dari jumlah peserta 120 orang yang mendaftar itu, ternyata hanya 96 orang yang mengikuti tes seleksi, sementara 24 pendaftar lainnya tidak hadir pada proses seleksi.
 
"Peserta yang mengikuti tes seleksi hanya 96 orang dan kita tidak mengetahui penyebab 24 lainnya tidak hadir," ujarnya
 
Menurut dia, berdasarkan kuota yang dialokasikan, dari 96 peserta seleksi, hanya 15 peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tes tahap berikutnya di tingkat pusat di Pematang Siantar Sumatera Utara.
 
Di Pematang Siantar, kata Didit nantinya 15 peserta dari Mentawai itu akan mengikuti kembali rangkaian seleksi pada  tingkat Panitia daerah (Panda) pusat di Siantar.
 
" ya nantinya 15 peserta dari
Sub Panda Mentawai akan berkompetisi lagi dengan sub Panda Natuna dan sub Panda Nias, kira-kira nanti disana estimasinya 25  peserta lah yang diterima sebagai  Caba PK TNI AD," terang Didit
 
Menyinggung tentang materi tes yang akan diujikan kepada peserta, Didit menyebutkan,  ada tiga kategori tes yang dilaksanakan di Kodim 0319 Mentawai diantaranya seleksi
administrasi, jasmani meliputi postur, anatomi tubuh, berat badan,dan lainnya, serta tes kesehatan umum yang tampak secara visual dan penyakit dalam seperti mata, telinga, hidung, tenggorokan, ambeien, varises,dan hal lain yang terkait, namun kata Didit rangkaian tes yang telah dilakukan di Kodim 0319 Mentawai itu akan diuji ulang di Siantar.
 
"Di Siantar akan dites ulang lagi dengan peralatan tes yang lebih lengkap disana, seperti alat ronsen, Elektrokardiogram atau EKG untuk pemeriksaan jantung, cek darah, dan lainnya," kata Didit
 
Ia berharap, peserta yang tes lanjutan di Siantar dapat lulus, namun bagi yang belum lulus dan yang berminat untuk mendaftar kembali dapat mempersiapkan diri dari awal dan memperbaiki kekurangannya sehingga bisa lolos pada seleksi penerimaan Tamtama PK yang akan dibuka pada September mendatang ataupun penerimaan  Caba PK tahun berikutnya. (KS)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment