KPK Ajak Radio TV Milik Pemda Siarkan Iklan Antikorupsi

Oleh : Suardi Santo | 18 Okt 2019 | 15:28:16 WIB | Dilihat : 265 Kali
KPK Ajak Radio TV Milik Pemda Siarkan Iklan Antikorupsi

Keterangan Gambar : Jubir KPK Febri Diansyah Pada Roadshow Kanal KPK 2019 di Padang


mentawaikab.go.id_ PADANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak lembaga penyiaran radio-tv publik milik pemerintah daerah ikut siarkan pesan-pesan edukasi terkait 9 nilai Anti Korupsi kepada masyarakat melalui penayangan siaran iklan layanan masyarakat (ILM).

Juru Bicara KPK RI Febri Diansyah Pada acara Roadshow Kanal KPK 2019 dengan tema "Kolaborasi Anti Korupsi Lewat Radio" yang digelar  di Hotel Ibis Padang Sumatera Barat, Kamis (17/10) menyebutkan ada 9 Nilai-nilai antikorupsi yang bisa disampaikan melalui pesan-pesan iklan layanan masyarakat dan dapat disiarkan melalui radio ataupun tv diantaranya tentang nilai-nilai  Kejujuran, Kepedulian, Kemandirian, Kedisiplinan, Tanggung jawab, Kerja Keras, Kesederhanaan, Keberanian serta Keadilan.

Menurut Febri,  9 pesan tentang nilai-nilai anti korupsi itu bisa dikemas melalui ILM, dan tentu tergantung bagaimana kreativitas radio masing-masing mengelola iklan tersebut menjadi menarik, karena diyakini sampai saat ini radio merupakan salah satu media informasi alternatif yang masih memiliki beberapa kelebihan.

" Kelebihan radio, orang-orang bisa mendengarkannya sambil melakukan pekerjaan, sambil bawa mobil, di dalam bus dan sebagainya, ruang diseminasi informasi menggunakan suara itu sebenarnya jauh lebih dekat peluangnya, apalagi di kota-kota besar, " papar Febri didepan puluhan peserta  kegiatan RoadShow Kanal KPK dan Workshop bersama dengan Persatuan Radio TV Publik Seluruh Indonesia (Persada.id).

Lanjut  Febri, di era teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat berkembang, menjadi tantangan tersendiri bagi radio, apalagi  berdasarkan data statistik peminat radio jauh menurun.

" Ditengah kondisi yang sangat kita khawatirkan bukan tidak mungkin ada peluang yang besar juga untuk radio, tinggal bagaimana mengindentifikasi konsumen, kalangan yang mendengarkan radio dan melihat pasar yang membutuhkan sekarang," ujar Febri

Berbicara antikorupsi menurut Febri  tidak hanya mengajarkan orang untuk tidak korupsi, tetapi lebih dari pada itu yakni membangun sebuah sikap yang memiliki nilai-nilai antikorupsi.

"  jadi kita jangan berfikir spesifikasi antikorupsi itu hanya mengajar orang untuk tidak melakukan korupsi, tetapi banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya kita menyampaikan kepada anak-anak katakanlah itu anak SD, Kamu jangan korupsi ya, yang ada dia akan bingung, tetapi bagaimana kita menyampaikan nilai-nilai anti korupsi melalui cerita, dongeng dan sebagainya yang memiliki pesan moral," paparnya.

Sementara nara sumber lain, yakni  Direktur Eksekutif INDONESIAPERSADA.ID yang juga selaku Direktur LPPL Radio Suara Sidoarjo,  Aries Widojoko   memaparkan tips agar radio bisa terus berkembang dan diminati oleh para pendengar dan tidak terkesan membosankan.

"Berbicara masalah kreativitas, sekarang itu bukan jamannya kreatif itu hanya konten saja. Kalau punya kreatif bagus, tetapi tidak memiliki sisi yang lain, teknologi misalnya, mungkin belum tentu juga sukses, maka kreatif harus semua lini lembaga penyiaran, " tuturnya.

Pada bintek yang digelar dari pagi hingga sore hari itu juga diajarkan kepada  masing-masing peserta dalam membentuk kreatifitas  membuat iklan layanan masyarakat tentang 9 nilai-nilai anti korupsi.

Disela acara Bintek juga digelar talkshow serentak berjejaring LPPL  Indonesia dengan tema KPK, upaya mencegah korupsi Indonesia/potensi korupsi di legislatif dan ekselutif yang dilangsungkan di studio RRI Padang dan disiarkan oleh 80 lebih LPPL Radio Seluruh Indonesia yang tergabung sebagai member of Indonesiapersada.id dengan menghadirkan nara Febri Diansyah Kabiro Humas KPK.

Acara bintek  diikuti para utusan dari lppl se pulau Sumatera, yakni Lppl Swara Kampar FM Riau, Gema Bungo FM Jambi, Sawahlunto FM Sumatera Barat, Spassy FM Pasaman Sumatra Barat, Sam FM Agam Sumatra Barat, Langkisau FM Pesisir Selatan Sumatera Barat, Kuansing FM Kuantan Singingi Riau, In Radio Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung, Gemilang FM Indragiri Hilir Riau, Gemilang TV Indragiri Hilir Riau, Sasaraina FM Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, dan Seruga FM Solok Selatan Sumatra Barat (red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment