DLHK MENTAWAI HIMBAU MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Oleh : deni mariani Sababalat | 15 Jan 2020 | 08:01:37 WIB | Dilihat : 422 Kali
DLHK MENTAWAI HIMBAU MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Keterangan Gambar : Ilustrasi : (foto internet)


mentawaikab.go.id |  TUAPEIJAT - Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Kepulauan Mentawai Ruslianus meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak mencampur sampah yang bisa didaur ulang dengan sampah yang tidak bisa didaur ulang saat membuang sampah.

Hal tersebut diungkapkan kepada wartawan saat berbincang di ruang kerjanya, pada Selasa (14/01)

"Kita menghimbau masyarakat agar tidak mencampur sampah yang bisa didaur ulang dengan  yang tidak, agar masyarakat yang berminat mendaur ulang sampah jadi barang yang bermanfaat, gampang mengumpulkannya," ungkapnya.

Ia menyebutkan masih banyak masyarakat yang tidak menyadari pentingnya kebersihan lingkungan dari sampah, faktanya masih banyak masyarakat yang buang sampah sembarangan walaupun tong sampah atau bak sampah sudah ada di beberapa titik kawasan pemukiman warga.

"Sekarang masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan  lingkungan, contohnya masih banyak sampah berserakan di sekitar bak sampah yang kita siapkan, masak yang mengumpulkan sampah disekitar bak petugas kebersihan juga, harusnya masyarakat membuang sampah pada tempatnya," paparnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar membuang sampah pada waktu pagi sebelum petugas kebersihan datang menjemput sampah, sehingga sampah tidak berserakan keluar bak sampah.

Menurutnya masih banyak masyarakat khususnya yang dekat dengan pantai justru membuang sampah ke laut, dan hal tersebut merupakan contoh yang tidak baik, terutama terhadap ekosistem laut.

"  Kalau sampah dibuang ke laut tentu akan mencemari lingkungan laut, masyarakat harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan laut," timpalnya.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan kantung plastik saat belanja dan menggantinya dengan tas belanja yang bisa dipakai berulang kali, sehingga akan membantu mengurangi sampah plastik di Kepulauan Mentawai. (Red).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment