Dinas Kominfo Provinsi Sumbar Minta PPID Kabupaten Kepulauan Mentawai Bergerak

Oleh : Kominfo Mentawai | 22 Jan 2021 | 17:03:55 WIB | Dilihat : 280 Kali
Dinas Kominfo Provinsi Sumbar Minta PPID Kabupaten Kepulauan Mentawai Bergerak

Keterangan Gambar : Pertemuan Kominfo Sumbar bersama Dinas Kominfo Mentawai di Tuapejat


mentawaikab.go.id_TUAPEJAT  - Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat, Indra Sukma, meminta kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai agar segera membentuk dan menggerakkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang selama ini dinilai belum jalan secara maksimal.

"Saat ini kan belum jalan, kalau bisa mulai bergerak bersama OPD lainnya terkait keterbukaan informasi," tutur Indra Sukma saat menggelar pertemuan di ruangan Sekretaris Dinas Kominfo Mentawai, Rabu (21/1/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan terkait data dan persepsi dokumen terbuka dan tertutup dari pimpinan perlu diselaraskan terlebih dahulu.

"Biasanya, tiap tahun kita mengirim surat ke setiap OPD yang isinya mereka menyiapkan dokumen terkait informasi publik. Kita minta kepada OPD," papar Indra.

Dengan bergeraknya fungsi PPID ia menuturkan bahwa saat ini sudah zamannya keterbukaaan informasi, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi kegiatan Pemerintah sehingga masyarakat bisa melihat dan mengawasi sebagai fungsi kontrol sosial juga.

Selanjutnya, ia mengingatkan agar keterbukaan informasi publik ini harus terintegrasi dengan Dinas Provinsi Sumbar.

Menanggapi hal tersebut, Marcolinus Salamanang Kepala Bidang Komunikasi Dinas Kominfo Mentawai menyambut baik maksud dan tujuan tersebut. 

"Kita senang dan bangga karena ada penawaran kerjasama Dinas kominfo Provinsi terkait aplikasi PPID dan beberapa aplikasi lainnya untuk mendukung kegiatan di Dinas Kominfo Mentawai,"tutur Marco.

Ke depan, katanya, Dinas Kominfo Provinsi akan membantu mengarahkan kegiatannya ke Mentawai agar Pemerintah atau OPD di Mentawai mengerti fungsi PPID.

"Kita siap membuat aplikasi dan tentunya untuk menggerakkan PPID perlu dukungan anggaran juga. Kita akan berkoordinasi dengan OPD lainnya," pungkasnya.(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Ikuti Kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana

PAGE MEDIA

Komentar Terakhir

  • Ponsel CAT S60

    terpaksa berada di ...

    View Article
  • Angga

    Tolong pemerintah kab. Mentawai menjelaskan bagaimana prosedur jika kita ingin kekuar masuk ...

    View Article
  • Bela

    Rombongan tiba pada tempat kerja lokasi proyek Bendungan Jatigede dalam pukul 10.00 WIB dan ...

    View Article