Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai Gelar Lomba Cerita Rakyat Mentawai

Oleh : Super Admin Kominfo | 27 Sep 2022 | 19:45:48 WIB | Dilihat : 222 Kali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai Gelar Lomba Cerita Rakyat Mentawai

Keterangan Gambar : Salah satu penampilan peserta lomba cerita rakyat Mentawai


Mentawaikab.go.id I Tuapejat - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ke-23, Dinas kearsipan dan perpustakaan Mentawai menggelar lomba cerita rakyat Mentawai di Aula Bundo Guest House Kecamatan Sipora Utara, Selasa (27/9/22). Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 pelajar dari 10 SD di Kecamatan Sipora Utara.

Tema yang diusung adalah mewujudkan masyarakat Mentawai maju dan sejahtera  melalui peningkatan budaya literasi.

Tujuannya, selain meningkatkan kreativitas dan melatih keberanian pelajar, juga sebagai upaya membangun budaya gemar membaca dan menulis,  kecintaan akan budaya lokal maupun nasional,  memupuk rasa persatuan dan kesatuan, serta menarik minat baca cerita daerah atau local.

Pada acara tersebut, peserta dan panitia lomba cerita rakyat Mentawai menggunakan  aksesoris khas Mentawai seperti luwat, inu, lekkau, ogok, dan lailai tenga.

“Berdasarkan data tahun 2021, indeks pembangunan literasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai 11,8% dan tingkat kegemaran membaca masih berkisar 26%. Budaya kegemaran membaca masih sangat rendah di Kabupaten Kepulauan Mentawai,”ujar Zulfikar, kadis kearsipan dan perpustakaan Mentawai.

Zulfikar mengimbuhkan, tiga syarat kecerdasan literasi diantaranya, kecakapan membaca, akses keragaman bacaan sehingga perlu adanya ketersediaan taman bacaan hingga pelosok desa, dan adanya budaya membaca.

 

Ia berharap melalui lomba ini, kebiasaan  membaca dan cinta budaya muncul sejak usia dini sehingga masyarakat Mentawai ke depan lebih maju dan sejahtera.

Kegiatan turut dihadiri guru pendamping peserta lomba. Adapun  kriteria penilaian oleh dewan juri yaitu, penghayatan, penampilan, intonasi, vocal, dan mimik wajah.(KS)

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment