Camat Sipora Utara Minta Kepala Desa Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa

Oleh : Suardi Santo | 28 Jun 2019 | 13:59:05 WIB | Dilihat : 91 Kali
Camat Sipora Utara Minta Kepala Desa Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa

Mentawaikab.go.id_ TUAPEJAT- Camat Sipora Utara- Kabupaten Kepulauan Mentawai Marsen minta para kepala desa dan jajaran Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di desa bertanggung jawab dan transparan dalam menggunakan dana desa.

Untuk mewujudkan tanggung jawab secara transparan dalam penggunaan dana desa itu, Marsen juga berharap agar kepala desa dan TPK bisa memahami secara teknis sebelum melakukan kegiatan pembangunan di desa.

"sebelum memulai kegiatan yang terkait pembangunan di desa, kawan-kawan TPK perlu diberi pembekalan. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, agar kwalitas serta kwantitas hasil pekerjaan bisa tercapai dengan baik dan bisa selesai tepat waktu, karena kegiatan pembangunan dengan dana desa harus dipertanggung jawabkan secara transparan " kata Marsen pada pembukaan pelatihan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Tuapejat di Aula pertemuan sekretariat Desa setempat, Kamis, (27/6/2019).

Marsen berharap TPK Desa Taupeijat yang mengikuti pelatihan mampu memahami konsep yang telah dipaparkan narasumber agar dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan aturan yang mengacu pada RAB yang ada.

Lebih lanjut ia menegaskan, apabila TPK menyalahi aturan, maka TPK bersangkutan harus mampu mempertanggung jawabkannya.

Ia berharap, Kepala Desa dan TPK serta pekerja harus membuat surat pernyataan sebelum melaksanakan kegiatan agar pekerjaan yang dilaksanakan bisa dipertanggung jawabkan.

"kepala desa dan TPK serta pekerja harus membuat sebuah surat pernyataan. Jadi kalau ada masalah dalam pelaksanaan kegiatan mereka bisa mempertanggung jawabannya" imbuhnya.

Senada dengan Marsen, Kepala Desa Tuapeijat, Pusuibiat T. Oinan juga menyatakan hal yang sama. Dia menyebutkan pelatihan TPK yang dilaksanakan merupakan bentuk tranparansi kepada masyarakat dalam penggunaan dana desa.

"jadi pelatihan ini juga merupakan bentuk transparansi kita kepada masyarakat dalam penggunaan dana desa" ujarnya.

Pusuibiat merinci titik pelaksanaan pembangunan fisik yang akan dimulai pengerjaannya pada awal Juli 2019 mendatang yakni pembangunan 4 unit jalan rabat beton di dusun kampung lingkungan SD Negeri 13 Tuapeijat, jalan lingkungan di dusun Tuapeijat, jalan di gang mekar dusun Karoniet dan jalan lingkungan sekolah MTSN di dusun Turonia.

Selain pembangunan jalan, pembangunan fisik pada tahap 1, juga akan di bangun 1 unit Drainase di dusun Mapadegat, 1 unit plat duiker di dusun kampung serta pembuatan tutup U Ditch di dusun Camp. (Nbl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment