Bupati Mentawai Harapkan PDD AKN Lampung di Mentawai Bakal Miliki Program D3

Oleh : Kominfo Mentawai | 18 Des 2020 | 17:23:43 WIB | Dilihat : 323 Kali

Berita Terkait

Berita Populer

Bupati Mentawai Harapkan PDD AKN Lampung di Mentawai Bakal Miliki Program D3

mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT- Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Mentawai berencana dan komitmen bahwa Program Studi Diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lampung di Mentawai akan dijadikan sebagai Program Studi Diluar Kampus (PSDKU).

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet usai pelaksanaan wisuda PDD AKN Lampung di Mentawai angkatan III di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rabu, (16/12/2020).

"Kita komit bersama dengan Wakil Bupati dan saya (Bupati) akan menjadikan PDD sekarang ini menjadi PSDKU, kita hanya menyiapkan anggaran saja," kata Yudas.

Jika PDD terwujud sebagai PSDKU, maka kata Yudas anak-anak Mentawai tidak lagi mesti kuliah di luar Mentawai seperti Padang, atau di daerah lain, sehingga bisa lebih mengirit biaya, bahkan pihaknya juga akan menggratiskan biaya kuliah kecuali biaya hidup sehari-hari mahasiswa, bahkan PSDKU akan naik tingkatannya menjadi lulusan Diploma III (D3), dimana saat ini masih D2.

"Jika itu terwujud, maka adik-adik, tidak perlu jauh-jauh untuk pergi kuliah, disini kita di Mentawai sudah ada, silahkan anda kuliah, tidak perlu dibayar, kuliah saja, kecuali biaya makan, kos, itu masing-masing," ungkapnya.

Bahkan Yudas Menjelaskan, akan ada penambahan Program Studi (Prodi) baru jika jadi PSDKU, seperti Prodi bidang Pariwisata, karena menurutnya Pariwisata sangat cocok di Kepulauan Mentawai sebagai daedrah wisata.

Yudas juga mengajak anak-anak Mentawai memanfaatkan kondisi yang ada, menurutnya lebih baik kuliah di daerah sendiri daripada pergi keluar dengan biaya kos cukup mahal.

Meski demikian, kata Yudas sedikit kendala pada pelaksanaan kuliah yaitu kekurangan Dosen pengajar dengan jurusan yang ada saat ini, yakni jurusan teknik pangan dan perikanan, namun ia menyebutkan untuk saat ini sudah ada 2 anak Mentawai yang dipersiapkan sebagai Dosen pengajar di PSDKU nantinya.

"Kendala kita saat ini adalah  Dosen yang masih kurang sesuai dengan jurusan dan mata kuliah yang belum ada, tapi kita sudah siapkan dari sekarang anak-anak Mentawai yang menjadi Dosen nanti," katanya. (Str)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment