Bupati : BPD Boleh Kritik Kepala Desa Asal Jangan Sentuh Pribadi

Oleh : Suardi Santo | 26 Jun 2019 | 17:45:07 WIB | Dilihat : 1,558 Kali
Bupati : BPD Boleh Kritik Kepala Desa Asal Jangan Sentuh Pribadi

Mentawaikab.go.id_ SIKABALUAN-- Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, mengingatkan kepada para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di daerahnya agar tidak mengkritik kepala desa menyangkut masalah pribadi.

"Kalau ada persoalan, jangan bertengkar, selesaikan masalah dengan baik, BPD dan Kepala Desa itu adalah mitra, kalau BPD mau memberikan masukan, jangan menyinggung kepribadiannya, jangan sampai tersebar di media-media", kata Bupati Yudas saat memberikan pengarahan pada acara pelantikan 74 anggota BPD di aula kecamatan Siberut Utara,Selasa (25/6).

Pada sambutannya Yudas juga menyinggung masalah perlunya peningkatan SDM di Mentawai terutama untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang kaya di daerah dengan julukan " bumi Sikerei" ini.

"Eksistensi Mentawai itu ada di tangan kita, kita yang menentukan, kalau kita lemah, jangan mengharapkan orang lain, maka kita yang rugi", ungkapnya.

Sementara Camat Siberut Utara, Agustinus Sabebegen menyatakan rasa syukur dengan telah dilantiknya para anggota BPD di desa-desa wilayah kecamatan Siberut Utara.

Dia mengharapkan para anggota BPD dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik untuk membantu peningkatan pembangunan di desa melalui masukan-masukan yang kritis tapi positif.

"Anggota BPD adalah orang yang mengkritisi kebijakkan Kepala Desa untuk melaksanakan pembangunan di Desanya masing masing, tapi kritisi yang sehat", katanya.

Menurut Agustinus, para anggota BPD
merupakan tokoh pengantar aspirasi masyarakat desa, sekaligus sebagai mitra bagi aparat pemerintahan desa.

Pelantikan BPD kali ini untuk masa periode 2019 - 2025 yang diikuti dari tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Siberut Utara yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah, diikuti enam Desa antara lain, Desa malancan 7 orang, Desa Monganpoula 5 orang, Desa Muara Sikabaluan 7 orang, Desa Bojakan 5 orang, Desa Sotboyak 5 orang dan Desa Sirilogui 5 orang.

Sedangkan Kecamatan Siberut Barat diikuti tiga Desa yakni Desa Sigapona 7 orang, Desa Simalegi 7 orang dan Desa Simatalu 7 orang.

Kecamatan Siberut Tengah tiga Desa, yaitu Desa Saibi Samukop 7 orang, Desa Cimpungan 5 orang, dan Desa Saliguma 7 orang.

Dari 74 orang anggota BPD yang dilantik itu, 12 orang diantaranya adalah perempuan. (Suntoro)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment