BPBD Mentawai Bersama Teknisi Perbaiki PLTS di Masokut dan Sao

Oleh : Suardi Santo | 27 Agu 2019 | 15:22:56 WIB | Dilihat : 110 Kali
BPBD Mentawai Bersama Teknisi Perbaiki PLTS di Masokut dan Sao

mentawaikab.go.id_TUAPEIJAT - Masyarakat Dusun Masokut dan Sao akhirnya menikmati kembali lampu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) setelah sekian lama lampu di daerah tersebut padam akibat beberapa kerusakan serta pencurian kabel lampu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai bersama teknisi bekerja sama untuk menghidupkan kembali lampu PLTS.

“Tim kita, teman-teman dari BPBD dibantu oleh teknisi PLTS, itu sudah memperbaiki PLTS di daerah Masokut dan Sao, sekarang sudah hidup, sebelumnya mati akibat ada kabel yang diputus-putus, kemudian arusnya dicuri,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kepulauan Mentawai, Novriadi, Senin, (26/8/2019).

Ia juga mengatakan bahwa tim BPBD bersama teknisi sudah berangkat menuju Pagai Selatan di Surat Aban guna mengecek PLTS yang rusak dan akan diperbaiki, “jadi sebenarnya kita dibantu oleh teknisi rekanan dulu, kita tidak bayar jadi kita manfaatkan tenaga mereka untuk membantu kita, layanan mereka dari pabrikan,” ungkapnya.

Padahal dulu sudah dibentuk kelompok pengelolahnya, namun masyarakat masih ada yang mengambil arus baik dari jaringan rumah-rumah bahkan kata Novriadi langsung kabel induk, “kita tidak ganti baru, karena rata-rata akinya masih bagus, yang membuat akinya cepat kosong itu karena pencurian arus itu tadi, dari by pass maupun dari induknya langsung, akhirnya aci cepat habis, sebenarnya sudah ada kelompok pengelolahnya, ya tapi sebagai tanggung jawab kita bersama agar dapat berfungsi kembali” ujarnya.

Ia berharap PLTS yang sudah hidup agar masyarakat setempat atau pemerintah setempat bisa menjaga fasilitas PLTS agar nantinya tidak ada kerusakan atau pencurian alat-alat PLTS. (Str)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment