BNPP Mentawai Ingatkan Warga Tetap Waspada Kondisi Cuaca Saat Mau Berlayar

Oleh : Super Admin Kominfo | 17 Mei 2019 | 10:01:30 WIB | Dilihat : 219 Kali
BNPP Mentawai Ingatkan Warga Tetap Waspada Kondisi Cuaca Saat Mau Berlayar

Tuapejat-InfoPublik. Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Kepulauan Mentawai, Akmal mengimbau warga Mentawai agar memperhatikan kondisi cuaca dan imbauan dari BMKG setiap harinya dari pagi hingga sore saat mau pergi berlayar. 

"Kita mengimbau bagi kapal-kapal ataupun masyarakat yang hendak melaut agar tetap memperhatikan cuaca, tinggi gelombang di sekitarnya untuk menghindari terjadinya bencana," ujar Akmal kepada InfoPublik di ruang kerjanya, Kamis (16/05).

Hal tersebut dikatakannya terkait kejadian terbaliknya perahu warga di sekitar pulau Awera kemarin. 

"Kejadian kemarin dikarenakan hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi mencapai 1,5 meter," terang Akmal. 

Sebelumnya, BMKG juga telah merilis prakiraan cuaca bahwa akan turun hujan dan gelombang tinggi,namun warga tersebut tetap nekad meskipun telah melihat awan gelap di seputaran Sipora Utara. 

"Bagi masyarakat, kalau rasanya kurang safety atau aman, jangan dipaksakan untuk berlayar. Lebih baik kembali sambil menunggu cuaca normal," imbaunya. 

Ia berharap Mentawai jauh dari bencana, baik dari kecelakaan laut, darat, maupun udara dengan diantisipasi kesiapsiagaan warga. 

Selanjutnya, jika terjadi kecelakaan yang membahayakan nyawa manusia, ia menyatakan bahwa BNPP siap beroperasi ketika ada laporan dari masyarakat dengan tidak lebih dari 28 menit. 

"BNPP siap dan siaga 24 jam untuk melakukan tugas pencarian dan pertolongan," tukasnya. 

Masyarakat bisa menghubungi pusat layanan gratis ketika terjadi bencana di nomor 115 atau langsung ke personil KN.SAR Ramawijaya 240.
(KS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment