KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Kesehatan

  • 22-March-2017
  •  
  • 12:12:35
  •  

TAK HANYA DAPATKAN PEMERIKSAAN IVA GRATIS, MASYARAKAT JUGA DAPATKAN PENGETAHUAN SEPUTAR PENYAKIT KANKER.

MC Mentawai- Dinas Kesehatan Mentawai adakan kegiatan pemeriksaan inspeksi visual asam asetat ( iva ) dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim dan tindak lanjut penanganan penderita IVA positif dengan tema ; Ayo implementasikan 7 Pesan Sikerei untuk sehatkan Nusantara. Pemeriksaan sendiri dilakukan di RSUD Mentawai tanggal 21 – 22 maret 2017 diruang kebidanan.

Pemeriksaan melalui tes Iva merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim. IVA merupakan pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung ( dengan mata telanjang ) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3- 5 %. Berdasarkan data yang telah di himpun dari team administrasi pendaftaran, kaum wanita yang telah mendaftar dan mengikuti tes IVA  hingga Rabu, (22 / 03) pukul 10;00 WIB sebanyak 41 orang.

Selain pemeriksaan melalui tes IVA , para pasien yang tengah menunggu antrian pemeriksaan IVA juga diberikan sosialisasi pengetahuan seputar penyakit kanker, seperti kanker serviks, Kista dan  kanker payudara. Beberapa penyakit tersebut merupakan penyakit ganas yang menyerang kaum wanita.

Lia yang merupakan pemateri pada sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan ntuk memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang penyakit kanker, mengenali secara dini gejala kanker rahim dan memberikan informasi kepada masyarakat tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker. Sejauh ini, sudah ada  pasien yang mengikuti tes IVA yang positif menderita penyakit kanker serviks.(Dika)

 


Tag :#pemeriksaaniva  

lihat : 131