KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Umum

  • 11-January-2017
  •  
  • 10:19:45
  •  

KPU MENTAWAI TETAPKAN JADWAL DEBAT KANDIDAT

 

MC Mentawai  -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai  rapat bersama bahas jadwal debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai periode 2017-2022 di Kantor KPU Mentawai, Selasa (10/1).

Komisioner yang membidangi Divisi Hukum M. Arif, SH dalam rapat tersebut mengatakan,  rapat bersama antara KPU dengan media dan kedua tim pasangan calon menentukan jadwal debat kandidat untuk kedua pasangan calon yang akan bertarung pada pilkada 15 Februari mendatang.

"Rapat ini untuk menentukan jadwal debat kandidat untuk kedua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang akan bertarung pada pilkada 15 Februari mendatang," katanya.

Dari hasil keputusan bersama KPU, Media dan kedua tim pasangan calon menyepakati jadwal debat kandidat digelar pada tanggal 16 dan 23 Januari 2017.

Meski sudah menetapkan jadwal debat kandidat, KPU Mentawai belum menentukan mekanisme debat yang akan dilakukan.

Lebih lanjut Arif mengatakan, penentuan mekanisme debat kandidat akan ditentukan oleh pihak ketiga yakni Event Organizer (EO). Karena semua yang berhubungan dengan acara dari persiapan sampai laporan jadi tanggung jawab EO dan akan dibahas pada rapat selanjutnya dengan menghadirkan semua unsur stakeholder tiga hari sebelum debat digelar.

"Nanti format debatnya seperti apa? Itu sedang dirumuskan oleh Ivent Organizer (IO) dan akan dibahas pada rapat selanjutnya" terang Arif.

Selanjutnya Arif menambahkan, dalam debat tersebut kedua pasangan calon akan memaparkan profil, visi dan misi serta program.

Arif menegaskan dalam acara debat kandidat pihak KPU hanya memfasilitasi Forkopimda setempat dan tidak akan memfasilitasi pejabat yang diundang pasangan calon.

“Yang kita fasilitasi hanya Forkopimda setempat. Jika pasangan calon mengundang pejabat dari luar maka itu tanggung jawab mereka” tegasnya.

Pada acara debat kandidat pihaknya akan menghadirkan 3 orang tim ahli yang akan menjadi panelis yakni, Udan dari Fakultas Ekonomi Unand, Carles Simabura praktisi Hukum Tata Negara Unand dan Munzir dari bidang Kelautan dan Perikanan Bung Hatta.

Acara debat kandidat akan disiarkan secara langsung dua media elektronik yakni Radio Sasaraina FM dan Radio Sura’ FM.(Nobel)


Tag :KPU Mentawai Tetapkan Jadwal Debat Kandidat   

lihat : 384