KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pendidikan

  • 13-March-2017
  •  
  • 14:37:45
  •  

KARYA TULIS SYARAT MUTLAK KENAIKAN PANGKAT GURU

MC Mentawai - Penyusunan karya tulis ilmiah bagi guru sudah menjadi keharusan dan merupakan salah satu persyaratan kenaikan pangkat. Hal ini dikatakan Oreste Sakeroe selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Mentawai saat dimintai keterangan pada pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Karya Ilmiah bagi guru sekolah dasar (SD) di Aula Penginapan Jelita Tuapejat Senin, (13/3/2017).

,karya tulis merupakan syarat mutlak bagi guru. Tidak hanya syarat kenaikan golongan saja namun demi peningkatan kulitas guru maupun pendidikan” katanya.

Lebih lanjut Oreste mengatakan, kegiatan ini juga merupakan penghargaan bagi guru yang mengabdi di daerah 3T

“ini bukti bahwa kita memang ada dan hadir ditengah-tengah guru yang mengabdi di daerah kategori 3T” lanjutnya.

Ia menambahkan, karya ilmiah sudah menjadi syarat kenaikan  pangkat guru. Langkah ini dilakukan agar para guru sejak dini lebih giat menulis karya ilmiah agar terbiasa, di samping itu kemungkinan akan diteruskan dengan penerbitan jurnal yang menampung karya ilmiah para guru.

Diklat ini diadakan dalam rangka merangsang guru menulis, meneliti dan menyusun karya  ilmiah yang baik di bidang pendidikan dan dapat diaplikasikan untuk meningkatkan pendidikan, terutama pendidikan di Bumi Sikerei.

Menurutnya, kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas guru di Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut merupakan salah satu kredit poin yang harus dilewati guru serta kedepannya merupakan peningkatan kesejahteraan guru.

“Ini menjadi wujud upaya untuk membangun kualitas pendidikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang guru. Selain itu, merupakan bentuk langkah nyaata membangun kualitas pendidikan di Mentawai” jelasnya.

Berdasarkan Peraturan  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) No 16 Tahun 2009, tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional Guru dan angka kreditnya pada prinsipnya bertujuan untuk peningkatan profesionalisme dan pembinaan karier kepangkatan guru.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama BKPSDM Mentawai dengan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 18 Maret 2017 dan diikuti masing-masing 3 orang guru perkecamatan dari 10 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Nobel)


Tag :Karya Tulis Syarat Mutlak Kenaikan Pangkat Guru  

lihat : 191