KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pembangunan

  • 01-March-2017
  •  
  • 22:04:02
  •  

PERCEPATAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL MELALUI KOORDINASI DAN SINERGITAS PROGRAM LINTAS SEKTOR ATAU INSTANSI

MC Mentawai- Dalam rangka mewujudkan semangat NAWACITA, khususnya untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, serta memastikan negara hadir untuk melindungi bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara. Untuk itu Kementrian Sosial sejak tahun 2009 telah mulai melaksanakan persiapan  program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT). Selasa, (28/02)

Untuk Wilayah Sumatera terdapat 3 provinsi yang mendapatkan bantuan KAT, yaitu Provinsi Sumatera Barat , Riau dan Jambi. Sementara, untuk wilayah Sumatera Barat hanya Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mendapatkan bantuan program pemberdayaan Komunitas Adata Terpencil, bantuan tersebut dilokasi Dusun Masat, Desa Madobag Kec. Siberut Selatan dan beberapa dusun lainnya seperti dusun Malelet.

Kepala Dinas Sosial, Paulinus  mengatakan, bahwa program pemberdayaan Komunitas adat terpencil sudah berjalan. Dimana Masyarakat mendapatkan beberapa  bantuan seperti rumah sosial dan bibit palawija. Dengan diberikannya bantuan tersebut, diharapkan masyarakat  siap untuk mandiri.

Ia tambahkan bahwa program ini lebih menitikberatkan pada pemberdayaan yang bersifat multi komunitas sehingga wilayah KAT yang beragam dapat berkembang secara bersamaan dan saling mendukung , serta karakteristik  KAT yang relatif tertutup dan terpencil dapat lebih terbuka baik dalam kehidupan sosial , ekonomi dan politik.

Demi memaksimalkan program KAT saat ini Kementrian Sosial tengah melakukan Seleksi terbuka pendamping sosial Komunitas Adat Terpencil Profesional. Para pendamping yang lulus seleksi akan ditempatkan diseluruh lokasi pemberdayaan KAT selama 8 bulan mulai dari April s.d November 2017.  ( Dika )


Tag :#pemberdayaanKAT  

lihat : 246