KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pertanian

  • 01-March-2017
  •  
  • 09:55:46
  •  

PENTINGNYA PERAN DAN FUNGSI KELOMPOK TANI

Mentawai, Sasaraina. Kelompok Tani adalah kumpulan petani yang didasarkan atas kesamaan, keserasian , satu lingkungan sosial budaya untuk mencapai tujuan yang sama . Kelompok tani sendiri memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi setiap anggotanya seperti wadah belajar bagi anggota, wahana kerja sama , dan satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi. Mengingat akan fungsi kelompok tani  yang sangat bermanfaat , Eko Priyono selaku Koordinator penyuluh pertanian di Kabupaten Kepulauan Mentawai menghimbau agar para petani membentuk kelompok tani.

Pada Selasa ( 21/ 02//17 ) lalu, Ia menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan yang didapatkan dalam pembentukan kelompok tani seperti ; semakin eratnya interaksi dalam kelompok, semakin terarahnya peningkatan secara cepat, semakin cepat nya proses  difusi penerapan inovasi dan teknologi baru. Selain itu ia mengatakan , kelompok tani sendiri merupakan salah satu  syarat bagi para petani untuk mendapatkan bantuan yang disalurkan pemerintah melalui Dinas Pertanian.

Ia juga mengatakan bahwa jumlah kelompok tani yang ada masih tergolong sedikit. Di Mentawai sendiri, masih banyak petani yang belum membentuk kelompok tani dan masih berjalan sendiri – sendiri. Hal ini menyulitkan pemerintah untuk menyalurkan bantuan seperti pupuk dan lainnya. Oleh karena itu, ia menghimbau bagi para petani , agar membentuk kelompok tani , karena kelompok tani juga berperan dalam mendukung pembangunan pertanian. ( Dika )


Tag :#kelompoktani  

lihat : 521