KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pariwisata

  • 28-February-2017
  •  
  • 09:34:33
  •  

MAPADEGAT BAKAL DISULAP MENJADI WISATA TERPADU BERBASIS KONSERVASI

MC Mentawai  – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bakal mengembangkan kawasan Mapadegat menjadi kampung wisata terpadu berbasis konservasi yang pengelolaannya akan melibatkan langsung masyarakat setempat.

Hal ini dikatakan Gusfayanti Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga saat disambangi di ruang kerjanya Senin (27/2/2017).

“kita memang rencanya akan mengembangkan wisata terpadu Mapadegat berbasis konservasi” katanya.

Lebih lanjut Efa (panggilan akrab Gusfayanti) mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan tahap perencanaan dan pada bulan April pihaknya sudah melakukan proses lelang.

“rencana bulan April kita sudah lelang dan saat masih dalam tahap perencanaan” tuturnya.

Sementara lokasi pengembangan kampung wisata terpadu berbasis konservasi di kawasan Mapadegat rencananya akan dibangun di areal milik pemkab Mentawai seluas 1.3 Hektare tepat di lokasi bekas home stay pantai Mapadegat.

Efa juga mengharapkan masyarakat ikut berpartisifasi mensukseskan pengembangan tersebut dengan mengibahkan tanah sehingga luas pengembangan wisata terpadu berbasis konservasi di kawasan Mapadegat bisa bertambah.

“kita sangat mengharapkan masyarakat bisa menghibahkan tanahnya karena nantinya dalam pengenmbangan ini, masyarakat setempat sendiri yang akan menjadi pelaku usaha di kawasan tersebut” harapnya.

Pembangunan Mapadegat sebagai kampung wisata terpadu berbasis konservasi akan menelan dana sebesar 2.6 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sementara anggaran yang bersumber dari dana sharing sendiri masih menunggu ketetapan dari pemerintah Provinsi.

“dananya dari DAK senilai 2.6 miliar dan juga bersumber dari dana sharing namun kita masih menunggu ketetapannya dari provinsi” jelas Efa.

Adapun rencana fasilitas pendukung dalam pengembangan wisata terpadu berbasis konservasi di kawasan Mapadegat yakni, Uma, Gazebo, kios souvenir, penginapan dan pembangunan Landmark di pantai Mapadegat dan pantai Jati Tuapejat. (Nobel)


 


 


 


 


Tag :Mapadegat Bakal Disulap Menjadi Wisata Terpadu Berbasis Konservasi  

lihat : 200