KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME NASIONAL Pembangunan

  • 27-February-2017
  •  
  • 21:34:12
  •  

MEMBANGUN NEGRI DARI PINGGIRAN

MC Mentawai- Pemerintahan Jokowi – JK melalui program kerja nyata pada tahun 2017, akan  lebih meningkatkan pembangunan melalui daerah pinggiran, Desa atau kawasan 3T. Pembangunan tersebut khususnya pembangunan desa dimana pemerintah daerah harus berupaya meningkatkan percepatan pembangunan didesa menjadi Desa mandiri.

Salah satu upaya menjadikan desa menjadi desa mandiri melalui peningkatan pelaksanaan dana desa. Dengan meningkatkan pagu dana desa sebesar 125 %, memotong mekanisme pencairan dari tiga tahap menjadi dua tahap dengan tetap menjaga kualitas kegiatan didesa, pemerintah daerah harus memberikan pemahaman terkait prioritas pemanfaatan dana desa yang bersinergi dengan program pemerintah daerah tersebut. Pemerintah pusat telah merekrut hingga tahun 2016 sebanyak 29.927 pendamping desa dan target total yang akan dipenuhi adalah 40.142 pendamping desa seluruh Indonesia.

Selian itu pemerintah juga memprioritaskan pembangunan jalan perbatasan. Dimana kawasan 3T adalah wajah depan Indonesia yang harus diperbaiki dan didorong percepatan pembangunannya. Pada tahun 2015, pemanfaatan dana Desa dititik beratkan pada pembangunan fisik sebesar 75,2 %, dan pada tahun 2016 sebesar 70 %. Sisanya diprioritaskan untuk program pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, ter masuk dalam kawasan Tertinggal, Terluar, Terdepan (3T) diharapkan mampu besinergi dengan program pemerintah pusat. Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial, Paulinus.  Selasa ( 28/02 ).

Dengan  diberikannya bantuan  dari pemerintah pusat, maka tugas pemerintah daerah Mentawai untuk saling mensinergikan program yang ada disetiap Satuan perangkat kerja daerah. Dengan  bersinerginya program didaerah dengan pusat maka bantuan dan pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal. Ungkapnya. ( Dika )


Tag :#kawasan3T  

lihat : 163