KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pertanian

  • 22-February-2017
  •  
  • 06:34:06
  •  

BPTP SUMBAR AJAK PETANI MENTAWAI MENGGUNAKAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO

MC Mentawai  - Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Barat  mengajak petani Mentawai untuk menggunakan sistem tanam jajar legowo guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Hal ini ditekankan Heru Rahmoyo Erlangga saat mengikuti talk show di Radio Sasaraina Selasa (21/2/2017).

"kalau bisa kami menganjurkan petani di Mentawai menggunakan sistem tanam legowo, karena hasil penggunaan sistem tersebut produksi hasil pertanian jauh lebih tinggi dari pada model biasa," katanya.

Lebih lanjut Heru mengatakan, sistem tanam jajar legowo merupakan salah satu teknik penanaman yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

“sistem ini akan dapat menghasilkan produksi hasil pertanian yang cukup tinggi” ujarnya.

Seperti diketahui, sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pingir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. Selain itu sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi Mentawai bisa melakukan cetak sawah baru kurang lebih 10 hektare dari dana ABPB serta ditambah swadaya dari petani itu sendiri.

Sementara Eko Priyono selaku penyuluh pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai menuturkan, dirinya serta penyuluh lain akan berusaha semaksimal mungkin mensosialisasikan informasi teknologi sistem tanam jajar legowo serta informasi tentang kalender tanam kepada masyarakat Mentawai khususnya bagi para petani.

“memang kami akan terus memberikan sosialisasi kepada petani terkait informasi teknologi sistem tanam jajar legowo serta informasi tentang kalender tanam” tuturnya. (Nobel)


Tag :BPTP Sumbar Ajak Petani Mentawai Menggunakan Sistem Tanam Jajar Legowo  

lihat : 284