KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pertanian

  • 21-February-2017
  •  
  • 23:12:40
  •  

PEMANFAATAN TEKNOLOGI PERTANIAN DEMI CAPAIAN SWASEMBADA PANGAN

MC Mentawai. Demi mendukung program UPSUS PAJALE untuk pencapaian swasembada pangan , Kementrian Pertanian melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian ( BPPMEKTAN ) terus melakukan inovasi dan salah satunya dengan menggunakan teknologi dalam pembangunan pertanian. Dimana program tersebut juga di teruskan baik di pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah.

Kabupaten Kepulauan Mentawai yang juga memiliki potensi di bidang pertanian diharapkan mampu menjadi daerah yang mampu berswasembada pangan.

Selasa ( 21/02 ) lalu dalam program talkshow Musaraina di Radio Sasaraina, Heru Rahmoyo Erlangga S.TP sebagai Liasion Officer ( LO ) dari Balai Pengkajian Teknologi pertanian ( BPTP ) Balitbangtan Sumbar untuk Mentawai memberikan sosialisasi seputar pemanfaatan Teknologi dalam pertanian. dalam kesempatan tersebut , ia memaparkan beberapa materi yang berkaitan dengan Teknologi Sistem Tanam Jajar Legowo ( JARWO ) , Integrasi Tanaman dan ternak, serta Kalender tanam.

Ia juga menjelaskan beberapa manfaat yang di peroleh petani dalam penggunaan Teknologi pertanian , salah satunnya yaitu penggunaan Mesin Tanam dan Panen Jajar Legowo . Manfaat tersebut diantaranya adalah 1) Mampu menanam benih padi sistem 2:1 , 2) Mempercepat waktu tanam , 3 ) Menghemat Biaya , dan 4 ) Memudahkan Petani dalam pengerjaan. Dengan pemanfaatan teknologi pertanian di harapkan produktivitas petani dapat meningkat ( Dika )


Tag :#Teknologi pertanian  

lihat : 208