KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Umum

  • 25-January-2017
  •  
  • 15:15:29
  •  

PERANAN PENYELENGGARA PEMILU DALAM PENDIDIKAN PEMILIH

Mentawai (Sasaraina)- Dalam acara Sosialisi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Rabu (25/1) berjalan baik hingga selesai. Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), di gedung Aula Turonia. Adapun peserta yang hadir dari pihak KPU,  Kodim, Basarnas, Pemerintah Desa, dan Tokoh Masyarakat.

Adapun tema materi yang di berikan yaitu : Peranan penyelenggara Pemilu Dalam Pendidikan Pemilih, yang di pandu oleh Muhammad Arif selaku Devisi Hukum KPU Mentawai. Beberapa dasar hukum dalam pendidikan pemilih, di antaranya, UU No. 15 tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilu, UU No. 10 tahun 2008 tentang Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan Peraturan KPU No. 5 tahun 2015 tentang sosialisasi dan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Walikota dan wakil Walikota.

“Memberikan stressing pada pendidikan pemilih yang di lakukan penyelenggara pemilu, merupakan agenda sangat penting bagi masyarakat pemilih sebagai sebagian pendidikan politik dan kewarganegaraan bagi rakyat Indonesia. Pendidikan pemilih merupakan salah satu cara untuk membentuk pola pemahaman dan kesadaran politik rakyat dengan menjelaskan bagaimana pemilu itu terselenggara dan sejauh mana implikasi pelaksanaan pemilu itu.” Jelas Arif.

Pendidikan pemilih yang dilakukan KPU, selain mengenalkan sistem pemilu yang saat ini telah berubah, yang lebih penting lagi tentunya untuk membangkitkan kesadaran tentang hak pilih.

Dia juga menambahkan bahwa, pendidikan pemilih juga di lakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pemilu merupakan bagian dari proses demokrasi yang di lakukan sepenuhnya oleh seluruh masyarakat. Salah satu tujuan pendidikan pemilih adalah mendidik para calon pemilih untuk bersikap kritis dalam pelaksanaan pemilu.

Arig juga berharap seluruh masyarakat terdaftar di daftar pemilih, sehingga bisa memberikan hak pilihnya pada 15 Februari 2017 mendatang. (Str)


Tag :PERANAN PENYELENGGARA PEMILU DALAM PENDIDIKAN PEMILIH  

lihat : 302