KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pembangunan

  • 24-January-2017
  •  
  • 18:10:41
  •  

POTENSI LOKAL UNGGULAN PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI MENTAWAI 2017

 

Mentawai, Sasaraina. Debat publik putaran dua yang bertemakan pembangunan berbasis potensi lokal dan berwawasan lingkungan telah usai di gelar. Pada Senin ( 23/1/17 ) lalu, KPU Mentawai telah menyelesaikan pagelaran debat publik putaran dua dan ini merupakan debat akhir jelang Pilkada Februari mendatang. Debat publik yang dimoderatori oleh Dr.Ir Abdullah Munzir, M.Si berjalan lancar. Debat yang berlangsung selama 3 jam tersebut berjalan menarik, dimana setiap pasangan diberi pertanyaan yang menantang. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh tim panelis berkaitan dengan potensi lokal unggulan. Setiap pasangan calon diminta untuk menyampaikan potensi lokal unggulan Mentawai yang mereka unggulkan dan langkah serta program apa saja yang akan mereka lakukan nantinya.

Pariwisata, itulah potensi lokal unggulan yang disampaikan oleh Paslon No. urut 1. Menurutnya, sejak dahulu potensi pariwisata yang dimiliki Mentawai sangat luar biasa dan bahkan mendunia. Menurut Paslon no. urut 1 bahwa masih banyak potensi pariwisata yang dimiliki Kepulauan Mentawai yang masih belum tergali dan belum dimaksimalkan. Oleh karena itu, mereka menjelaskan beberapa langkah yang akan dilakukan. Seperti: pembangunan infrastruktur, peningkatan pelayanan transportasi, pembinaan terkait budaya, pengembangan teknologi dan juga membangun SMK dengan jurusan pariwisata.

Berbeda dengan pasangan sebelumnya. Paslon No urut 2 mengunggulkan potensi lokal seperti ; pertanian, kelautan dan pariwisata. Menurutnya, tiga potensi lokal tersebut masih memerlukan sentuhan pembangunan. Seperti masih banyaknya lahan yang belum digarap secara baik. Adapun beberapa langkah yang akan dilakukan nantinya berupa; pemberian modal bagi masyarakat, pembentukan kelompok usaha, dan peningkatan pendidikan di setiap desa yang ada.

Dengan berakhirnya debat publik dua putaran tersebut. Ketua KPU Mentawai berharap rasa keingintahuan masyarakat akan program apa yang akan dilakukan oleh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mentawai 2017 dapat terjawab. Ia menghimbau agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas. ( Dika )


Tag :potensi lokal  

lihat : 153