KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Umum

  • 06-August-2017
  •  
  • 23:29:06
  •  

WAKIL BUPATI MENTAWAI AJAK MASYARAKAT KEMBALI HIDUPKAN BUDAYA GOTONG ROYONG

MC Mentawai – Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake’ mengajak masyarakat menggalakkan kembali kegiatan gotong royong (Goro) untuk meningkatkan kebersamaan, persatuan dan tanggung jawab sosial.

Hal itu disampaikannya kepada masyarakat Dusun Pinairuk usai acara Punen Laggai Jumat malam (4/8/2017).

Ia menjelaskan, gotong royong dapat diimplementasikan dalam bentuk pembangunan dan pemeliharaan lingkungan sekitar tempat tinggal, sarana air bersih dan pemeliharaan pemukiman.

Menurutnya, gotong-royong merupakan sesuatu yang dapat membuat semua menjadi lebih besar dan bermakna. Budaya gotong royong merupakan identitas orang Mentawai. Karenanya, budaya gotong royong seharusnya terus dijaga supaya terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“orang kita terdahulu, selalu menjalankan budaya gotong royong dalam berbagai bentuk, mulai dari kerja bakti, sehingga kebersamaan selalu terjaga” ujarnya.

Ditempat yang sama Nelsen Sakerebau Anggota DPRD Mentawai dari fraksi Golkar menambahkan, gotong royong merupakan cara terbaik dalam mendukung program pembangunan di Bumi Sikerei, karena gotong royong merupakan modal sosial yang paling esensial.

Lahirnya semangat gotong royong merupakan cirikhas masyarakat Kepulauan Mentawai. Namun kerap kali semangat gotong royong kian hari semakin berkurang di kalangan masyarakat karena prinsisp dan perubahan pola pikir masyarakat semakin bergeser ke arah masyarakat modern sehingga prinsip gotong royong semakin berkurang. (Nobel)

 

 

 


Tag :Wakil Bupati Mentawai Ajak Masyarakat Kembali Hidupkan Budaya Gotong Royong  

lihat : 14