KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pembangunan

  • 25-July-2017
  •  
  • 15:48:31
  •  

PELATIHAN PENGELOLAAN BPSPAMS & PENGEMBANGAN SARANA SPAMS

MC Mentawai- Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) lakukan pelatihan di Tuapeijat kegiatan ini  di selenggarakan di Aula hotel Jelita KM. 0 Tuapeijat Senin (24/07/2017) yang di buka oleh Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala District Coordinator (DC) BPSPAMS, District Project Management Unit (DPMU), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Keluarga Berencana (DPMD2KB), Panitia Kemitraan (PAKEM), dan peserta pelatihan dari Desa Se- kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 92 orang. Acara tersebut di mulai dari tanggal  24 hingga 25 Juli 2017.
Dalam sambutannya, Kortanius menyampaikan kesulitan – kesulitan yang menjadi tantangan yang menghambat jalannya pembangunan di Mentawai, dengan kondisi daerah yang sulit di jangkau dikarenakan pulaunya terpisah – pisah. Ia juga menambahkan untuk menuju daerah satu dengan daerah lain sangat sulit dan memakan biaya besar. Dia berharap pengelolaan air kedepan dapat berjalan mandiri dan tidak lagi tergantung pada Pemerintah.

“Harapan kita masyarakat bisa mandiri, dan tidak tergantung pada PU, PAM atau BUMD, masyarakat harus bisa mendirikan dan menghasilkan nilai ekonomi dengan membangun BUMD sendiri serta bisa mengola air ”. Tuturnya.

Kepala District Coordinator (DC), Didit Trinaldi saat di temui pada Senin ( 24 / 07 /17 ) lalu di lokasi acara, mengatakan, ada 21 lokasi untuk pembangunan BPSPAMS di Desa dan airnya merupakan air permukaan.

“Ada 21 lokasi yang akan kita bangun airnya, dan tentunya kalau di Mentawai kita hanya mengola air permukaan saja. Kalau tahun lalu pembangunan PAMSIMAS nya hanya sampai di bak atau kran umum, namun sekarang langsung kran di rumah – rumah warga, dengan tujuan pengeloaannya lebih terarah. Dan pelatihan ini merupakan bekal dan bagian dari pembangunan BPSPAMS juga”. Jelasnya. Sebelumnya, pembangunan PAMSIMAS dari tahun 2014 dan 2015 lalu belum maksimal. Ia berharap kedepan program PAMSIMAS dapat berjalan dengan baik.


Tag :#Airbersih  

lihat : 63