KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pariwisata

  • 21-July-2017
  •  
  • 23:19:46
  •  

LOMBA MANGOMAI TRIK PROMOSI BUDAYA BUMI SIKEREI

MC Mentawai  – Dinas Pariwasata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam waktu dekat ini akan menggelar festival panah tradisional Mentawai. Dalam ivent akbar tersebut selain lombah panahan juga akan menampilkan lomba lain diantaranya Lomba mangomai (meracik racun panah), turuk laggai (tari Mentawai)  dan lomba kuliner khas Mentawai.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Aban Barnabas saat disambangi di ruang kerjanya Jumat (21/7/2017).

“dalam upaya mempromosikan keunikan budaya Mentawai memang dalam waktu dekat ini kami akan menggelar iven besar yakni festival panah tradisional” katanya.

Menyinggung dengan penampilan lomba meracik racun panah yang saat ini masih menjadi perdebatan dikalangan masyarakat Mentawai, Aban menuturkan tetap akan menggelar lomba tersebut dikarenakan cara mangomai merupakan trik promosi untuk menarik wisatawan mengunjungi Bumi Sikerei.

Lebih lanjut Aban menambahkan, jika cara mangomai benar-benar sakral dan tidak bisa diketahui publik, maka pihaknya terbuka untuk mendiskusikannya dengan masyarakat.

“dalam lomba nanti kita tidak akan menjelaskan secara rinci tehnik pembuatan racun panah tersebut. Kalau memang mangomai itu sakral dan tidak bisa diketahui publik, mari kita diskusikan lagi” tuturnya.

Festival yang rencananya akan dibuka langsung Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake ditargetkan akan menerima maksimal 100 peserta dan akan memperebutkan hadiah utama senilai Rp.30 juta. (Nobel)

 


Tag :Lomba Mangomai Trik Promosi Budaya Bumi Sikerei  

lihat : 76