KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Ekonomi

  • 19-July-2017
  •  
  • 14:41:41
  •  

PEMERINTAH DAERAH MENTAWAI TEGASKAN TOLAK PERKEBUNAN SAWIT.

MC Mentawai- Pemerintah Indonesia sejak masa orde baru telah melakukan perluasan areal perkebunan kelapa sawit dan dipadukan dengan system PIR perkebunan. Perluasan areal perkebunan kelapa sawit terus berlanjut hingga saat ini seperti di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Wilayah Sumatera Barat sendiri juga terdapat beberapa titik perkebunan kelapa sakit.

Untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai sendiri , sudah ada beberapa perusahaan yang meminta izin untuk melakukan pengembangan perkebunan kelapa sawit. Namun beberapa kali pula , permohonan izin tersebut ditolak. Pemerintah Mentawai sendiri memiliki beberapa alasan mengapa daerah Mentawai tidak bisa dijadikan salah satu kawasan pengembangan perkebunan kelapa sawit.

Hal ini karena mengacu pada Undang – Undang No. 1 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang – Undang No. 27 tahun 2007 mengenai pengelolaan wilayah pesisir dan pulau kecil. Selaku Kepala Daerah , Yudas Sabaggalet yang ditemui beberapa waktu lalu di ruang kerjanya pada Jumat ( 07/07/2017 ) mengatakan  “ Kita serius tolak sawit dan jangan sampai plin plan “.

Yudas mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sepakat menolak sawit. Ia katakana bahwa selama 5 tahun masa pemerintahnya kedepan, pemerintah Mentawai akan berkomitmen untuk menolak adanya perkebunan kelapa sawit.

Ia berharap masyarakat dan terutama aparatur desa juga ikut berkomitmen dan tidak terayu dengan janji – janji. Sekali Yudas sampaikan, bahwa Mentawai tidak mugkin kawasannya dikembangkan untuk perkebunan sawit karena Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah kepulauan. ( Dika )


Tag :#kelapasawit  

lihat : 82