KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Kesehatan

  • 02-June-2017
  •  
  • 23:32:52
  •  

DESA TUAPEJAT PERINGKAT PERTAMA PENDERITA TB DI MENTAWAI

MC Mentawai  – Desa Tuapejat dinyatakan berstatus penderita penyakit Tuberculosis (TBC) tertinggi di Mentawai.

Hal itu dikatakan Kepala Puskemas Mapadegat Marinus saat ditemui setelah memberikan arahan kepada para Kader Posyandu, Kepala Dusun dan Kepala Desa pada acara sosialisasi TB dikantor Desa Tuapejat, Senin, (8/5/2017).

“kita di Tuapejat ini merupakan peringkat pertama penderita TB di Kepulauan Mentawai ini” katanya

Lebih lanjut marinus mengatakan, Desa Tuapejat berstatus penular TB tertinggi sejak tahun 2016 lalu dan sudah menelan 3 korban jiwa.

Menurutnya pada tahun 2016 lalu penyakit TB pada anak hanya 15 persen sementara pada tahun 2017 meningkat hingga Mencapai 41 persen.

“tahun lalu penderita TB pada anak hanya 15 persen, namun tahun ini meningkat menjadi 41 persen” jelasnya.

Marinus menambahkan hal itu terjadi dikarena kesehatan lingkungan masyarakat masih sangat jauh dari kata bersih dan tidak terawat.

Sementara guna meminimalisir penderita TB di desa Tuapejat pihaknya akan merekrut kader di 5 desa yang ada di Kecamatan Sipora Utara yakni desa Tuapejat, Desa Sido Makmur, Desa Bukit Pamewa, Desa Sipora Jaya dan Desa Goiso’ Oinan untuk mendapatkan pelatihan khusus secara berkala serta memantau dan mendata masyarakat yang terjangkit TB setiap minggu.

“jadi untuk meminimalisir penderita TB kita akan merekrut kader di 5 Desa dan memberikan pelatihan khusus kepada mereka” tuturnya. (Nobel)


Tag :Desa Tuapejat Peringkat Pertama Penderita TB Di Mentawai  

lihat : 109