KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Ekonomi

  • 02-June-2017
  •  
  • 23:26:22
  •  

RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN PIDATO BUPATI MENTAWAI TERPILIH

MC Mentawai - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mentawai menggelar rapat paripurna  dengan agenda penyampaian pidato Bupati Kepulauan Mentawai pasca pelantikan Bupati terpilih Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake’ oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beberapa waktu lalu di Kota Padang.

Paripurna yang digelar di ruang rapat utama gedung DPRD Mentawai, Rabu (24/5/2017) , sebelumnya telah diawali serah terima jabatan dan memori jabatan dari penjabat Bupati Syafrizal kepada Bupati yang baru dilantik Yudas Sabaggalet.

Bupati terpilih Yudas Sabaggalet dalam pidatonya mengatakan, pada 5 tahun kedepan dirinya akan bersama denga wakilnya Kortanius Sabeleake’ akan menjalankan 10 agenda prioritas yang disebut dengan “Dasa Cita”.

“untuk mewujudkan Mentawai yang mandiri, maju dan sejahtera, selama 5 tahun kedepan, kami akan mengerjakan dan menjalankan 10 agenda prioitas” katanya.

Adapun 10 agenda prioritas yang ditawarkan Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake’ yakni (1) Penataan menyeluruh pembangunan di Bidang Pendidikan disebut program “Mentawai Cerdas, (2) Optimalisasi Pembangunan Bidang Kesehatan disebut program “Mentawai Sehat” (3) Pembangunan Infrastruktur yang merata disebut program “Mentawai Mantap” (4) Pembangunan Perumahan, Pengelolaan lingkungan dan pengembangan wilayah disebut program “Mentawai Bersih” (5) Pembangunan pertanian terpadu, ketahanan pangan dan sentra kelautan perikanan terpadu disebut program “Mentawai Berdaya Saing”  (6) Pembangunan pariwisata kelas dunia disebut program “Mentawai Emas”  (7) Pembangunan industri, usaha kecil dan menengah disebut program “Mentawai Kerja” (8) Pembangunan energi disebut program “Mentawai Terang”  (9) Pembangunan kebudayaan disebut program “Mentawai Beradab” dan (10) Penataan Birokrasi pemerintahan dan kerangka kelembagaan disebut program “Mentawai Prima”.

Menyinggung masalah penataan birokrasi dalam program Mentawai Prima, ia akan memastikan pelayanan yang efektif dan efisien dengan mengembangkan e-Goverment seperti e-planing, e-buggeting, e-health, e-education, e-money, e-perfomance dan e-perizinan.

Dalam program Mentawai Mantap sendiri, lanjutnya akan memantapkan pembangunan jalan Trans Mentawai sepanjang 297 km untuk periode 2017-2022 dengan target dibangun sepanjang 200 km yang akan menalan biaya sebesar Rp.1 triliun. Selain itu, pengembangan bandara Rokot dan bandara Pei-Pei Rarak Joja juga menjadi prioritas mengingat Bumi Sikerei merupakan tujuan pariwisata kelas dunia.

Yudas juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Mentawai yang telah menghantarkan dirinya kembali duduk menjadi Bupati untuk kedua kalinya untuk mengemban amanah masyarakat Bumi Sikerei.

Yudas juga menghimbau semua elemen masyarakat agar melupakan segala permasalahan atau perbedaan politik pasca pilkada dan berharap kepada masyarakat agar menyatukan tujuan dan fokus untuk pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“memang pasca pilkada kita mempunyai perbedaan politik yang membuat perpecahan antara kita. Namun setelah pilkada ini, kita harus bersatu membangun keharmonisan yang dilandasi dengan semangat dengan memelihara harmoni keberagaman di daerah kita ini agar masyarakat dapat merasakan langsung pembangunan” ujarnya.

Bupati Mentawai 2 periode itu juga mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan pembangunan di semua sektor, dalam mengatasi ketertinggalan pembangunan daerah khususnya mengurangi angka kemiskinan mencapai 8 persen agar Mentawai tidak dikategorikan lagi sebagai daerah tetinggal pada tahun 2020 serta pendapatan perkapita akan meningkat lebih besar.

Sementara itu, Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok meyakini bahwa roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan akan berjalan dengan baik dibawah komando Bupati dan Wakil Bupati yang memiliki cita-cita tinggi untuk memajukan dan mensejahterahkan masyarakat.

“saya menghimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama bahu membahu dan bergandengan tangan untuk mewujudkan masyarakat Mentawai yang berkarakter, mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Ketua DPRD juga menyampaikan, bahwa pidato sambutan perdana Bupati terpilih tersebut nantinya akan menjadi cikal bakal penyusunan RPJMD Kabupaten Kepulauan Mentawai lima tahun kedepan.

“Pidato ini juga bagian dari rekonsiliasi dan konsolidasi semua lapisan masyarakat pasca pilkada Mentawai” katanya.

Setelah penyampaian pidato oleh Bupati terpilih, tugas besar sudah menunggu untuk diselesaikan.

"banyak tugas yang harus dilaksanakan bupati dan wakil bupati terpilih, saat ini ada beberapa perda yang harus dituntaskan" tuturnya.

Kemudian akan dilanjutkan menyusun agenda untuk menentukan pembahasan ranperda termasuk Ranperda Perlindungan dan Pengakuan Masyarakat Hukum Adat (PPMHA) Mentawai dan LKPJ.

Turut hadir dalam rapat paripurna dalam mendengarkan pidato Bupati terpilih, pimpinan dan anggota DPRD Mentawai, mantan Penjabat Bupati Syafrizal, Sekda Mentawai Syaiful Jannah, Kepala OPD dan Forkopinda. (Nobel)


Tag :Rapat Paripurna Penyampaian Pidato Bupati Mentawai Terpilih   

lihat : 152