KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Ekonomi

  • 26-April-2017
  •  
  • 20:02:06
  •  

MAPADEGAT DIJADIKAN LOKASI SIMULASI BENCANA ALAM

MC Mentawai - Membangun kesadaran kewaspadaan serta kesiap siagaan dalam menghadapi bencana alam, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Basarnas, TNI-Polri, PMI sekaligus masyarakat ikut serta dan terlibat  dalam simulasi bencana alam.

Bertepatan tanggal 26 April ini merupakan Hari Kasiapsiagaan Bencana Nasiaona (HKBN) dan menjadikan program tahunan BPBD Mentawai dalam  meningkatkan kesiap siagaan masyarakat terhadap bahaya atau bencana alam melalui program simulasi, dan kegiatan ini dilakukan di Dusun Mapadegat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara. Rabu (26/04)

Kepala Bidang Kesiagaan Bencana Yusuf Hadi Sumarto mengatakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan simulasi pada Hari Kesiagaan Bencana Nasional (HKBN) ini adalah Program Pemerintah dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diIntruksikan keseluruh daerah di Indonesia untuk melaksanakan simulasi ini.

Tujuan pelaksanaan ini untuk menguji kesiap siagaan masyarakat terhadap ancaman datang atau kemungkinan terjadi yang berdampak kepada masyarakat, kemudian memunculkan kepada masyarakat bahwa Kepulauan Mentawai ini berada pada zona rawan bencana, hingga perlu ditingkatkan kesiap siagaan kepada masyarakat, supaya bisa menyelamatkan diri terhadap gempa bumi atau Tsunami.

Kemudian ditamba salah satu masyarakat bernama Koron T yang ikut simulasi tersebut mengatakan, simulasi ini sangat perlu karena mungkin sebagian masyarakat kita belum paham bagaimana menghindari atau menyelamatkan diri dari bencana alam, kadang disaat bencana kita selalu panik tidak tahu apa yang akan dilakukan, dengan adanya simulasi ini kita tau arah dan tujuan utama kita, kami sebagai  masyarakat berterimakasi kepada pemerintah dan kepada penyelenggarah sosialisasi atau simulasi ini.

Masyarakat sangat antusias mengikuti penyelenggaraan ini, disamping itu juga dengan adanya acara Dorprice atau kupon berhadiah, ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan BPBD Mentawai tepatnya di posko utama teras Gereja Pniel km.4 simpang Mapadegat. (SS).


Tag : menguji kesiap siagaan masyarakat  

lihat : 174