KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pendidikan

  • 20-April-2017
  •  
  • 21:21:00
  •  

SOSIALISASI PENGENALAN ALAT – ALAT TRADISIONAL MENTAWAI

MC Mentawai- Generasi Pesona Indonesia ( GenPI ) Mentawai kembali menggelar sosialisasi untuk siswa – siswi Sekolah Menengah Atas. Sosialisasi yang dilakukan kali ini dilaksanakan di Sekolah SMA Plus Setia yang diikuti oleh 50 orang peserta. Acara sosialisasi ini juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata ,Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan sosialisasi yakni berkaitan dengan pengenalan Alat – alat tradisional Mentawai. Tema ini di pilih untuk memperkenalkan dan mengingatkan kembali alat – alat tradisional yang biasa digunakan masyarakat Mentawai yang hingga saat ini masih ada beberapa alat tradisional yang tetap digunakan masyarakat. Rabu ( 20/04 ).

Ruslianus yang merupakan staff Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai yang menjadi nara sumber pada acara sosialisasi tersebut menjelaskan beberapa alat tradisional untuk berburu dan yang digunakan para Sikerei. Alaty berburu tersebut diantaranya Silogui , sosoat , bobokuk dan patara. Sedangkan Alat tradisional Sikerei yaitu luat , lekkeu , laka dan tiktik. Ruslianus pada kesempatan tersebut tidak hanya menjelaskan mengenai alat tradisional mentawai tetapi juga menjelaskan mengenai pengertian wisata , pariwisata dan wisatawan.

Dalam acara sosialisasi tersebut, para siswa – siswi yang hadir sangat antusias terhadapa materi yang disampaikan. Hal tersebut dikarenakan acara ini sangat jarang dilakukan dan membuat mereka mengetahui beberapa alat tradisional Mentawai yang selama ini belum mereka ketahui. Pihak sekolah selaku tuan rumah sangat bangga atas dipilihnya SMA Plus Setia sebagai lokasi Sosialisasi.

Pihak Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Mentawai dan Generasi Pesona Indonesia ( GenPI ) Mentawai sebagai penyelenggara berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif. Ruslianus selaku nara sumber berharap agar pengenalan alat tradisional Mentawai tersebut tidak berhenti begitu saja. Namun dapat di ingat dan para siswa semakin mencintai kebudayaan Mentawai. Sedangkan , Generasi Pesona Indonesia ( GenPI ) Mentawai selaku penyelenggara kegiatan tersebut dapat melakukan kegiatan sosialisasi lainnya dan dapat menyentuh para generasi muda dengan positif. ( Dika )

 

 


Tag :#Genpi  

lihat : 222