KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Ekonomi

  • 20-April-2017
  •  
  • 21:18:50
  •  

DINAS PERIKANAN MENTAWAI SIAPKAN STRATEGI PELAKSANAAN PROGRAM SKPT

Mentawai, Sasaraina. Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan daerah kepulauan dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Berdasarkan Letak geografis Mentawai inilah yang menjadikan daerah Mentawai kaya akan Sumber daya Alam terutama di Bidang Kelautan dan perikanan. Kekayaan Laut yang dimiliki Mentawai  menjadikan Mentawai sebagai salah satu dari 12 titik yang ikut dalam program Sentra Kelautan dan Perikanan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.Oleh karena itu, Dinas Perikanan Mentawai telah menyiapkan beberapa strategi agar program SKPT tersebut dapat benar berdampak di tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Mentawai , Priadinata pada Rabu ( 19 / 04/17 )  di ruang kerjanya.

Ia katakan, program ini sejatinya telah dilakukan sejak tahun 2016, meski demikian pihaknya masih melakukan banyak persiapan agar tahun ini segala yang sudah di siapkan bisa lebih maksimal. Program ini sendiri direncanakan berjalan dari tahun 2016 – 2020 mendatang.  Priadinata jelaskan ada beberapa strategi yang akan dilaksanakan Dinas Perikanan Mentawai seperti  memaksimalkan kembali fungsi Balai Benih Ikan Pantai ( BBIP )  di Sikakap,  memperbaiki sistem , meningkatkan sumber daya manusia yang ada di BBIP dengan menjalin kerja sama dengan Balai Perikanan Budidaya Laut Batam dalam bentuk pelatihan dan transfer teknologi , meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan , melatih pembudidaya dan penyuluh  perikanan. Selain itu , Dinas Perikanan berencana untuk menjalin 2 kerja sama lainnya.

2 kerja sama tersebut , ia jelaskan direncanakan dilakukan dengan Perusahaan Perindo untuk membeli hasil tangkapan, dan untuk hasil dari budi daya Dinas Perikanan juga akan bekerja sama dengan perusahaan di Padang. Saat  ini Dinas Perikanan juga tengah menyiapkan 3 Master Plan. Dinas Perikanan Mentawai juga akan memperbaiki dan melengkapi  sarana dan prasarana yang di miliki pelabuhan Sikakap. Dengan demikian program ini bisa berjalan dengan baik . ( Dika )


Tag :#skpt  

lihat : 128