KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Kesehatan

  • 04-April-2017
  •  
  • 10:03:36
  •  

DINAS KESEHATAN BERIKAN PEMERIKSAAN GRATIS

MC Mentawai-  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ) Mentawai saat ini tengah menggelar pameran bagi setiap Organisasi Pemerintah Daerah ( OPD ) , dimana acara tersebut berlangsung dari tanggal 3- 4 April 2017. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan ( Musrembang ) 2017. Tema yang diangkat untuk tahun 2017 adalah Inovasi Pembangunan Daerah. Dalam kegiatan tersebut setiap OPD saling berlomba untuk kreasi stand dan juga menampilkan program unggulan untuk menarik peminat para pengunjung.
Salah satu stand yang tampak dalam kegiatan pameran tersebut adalah stand milik Dinas Kesehatan Mentawai, dimana pada pameran tersebut selain memberikan informasi seputar kesehatan, Dinas Kesehatan juga memberikan souvenir dan pemeriksaan gratis. Para pengunjung akan diberikan souvenir berupa gantungan kunci dengan simbol 7 Pesan Sikerei, sedangkan pemeriksaan gratis diberikan untuk pemeriksaan penyakit tidak menular yaitu Colesterol, Glukosa , Asam Urat dan pemerikaan Akupressure.
Pemeriksaan gratis ini tentu sangat menarik minat para pengunjung baik masyarakat umum maupun para pegawai yang saat itu berada dilokasi pameran. Lia salah satu petugas pada stand tersebut menjelaskan, untuk pemeriksaan sendiri dilakukan pada pukul 14;00 – 16;00 Wib pada hari senin dan Selasa pemeriksaan akan dilakukan pada pukul 10;00 – 11;00 Wib untuk pemeriksaan Colesterol, Glukosa dan Asam Urat sedangkan pemeriksaan Akupressure akan dilakukan pada pukul 14;00 – 16;00 Wib.
Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sample darah dan pemeriksaan dilakukan menggunakan alat pemeriksaan praktis tanpa harus dilakukan di laboratorium. Petugas menjelaskan bahwa jika biasanya setiap pasien yang akan melakukan tes di laboratorium diharuskan untuk puasa selama 9 – 12 jam namun pada pemeriksaan tersebut para pengunjung tidak diharuskan puasa sebelumnya dikarenakan sudah ada perbedaan patokan angka bagi pemeriksaan praktis tersebut. Selain itu, para pengunjung akan diukur berat badan, tensi dan kadar lemak dalam tubuh. ( Dika )


Tag :#pemeriksaangratis  

lihat : 85