KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Pembangunan

  • 03-April-2017
  •  
  • 16:14:29
  •  

APBD 2017 MENTAWAI ; 1, 2 TRILLIUN

MC Mentawai- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai daerah yang tengah berkembang saat ini terus melakukan pembangunan diberbagai bidang termasuk pembangunan insfrastruktur. Pembangun tersebut tentu dapat berjalan salah satunya dengan adanya anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Untuk tahun 2017 anggaran pendapatan belanja daerah Mentawai yang disetujui oleh DPRD sebesar Rp. 1, 2 Trilliun. Dimana angka tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan APBD 2016 yang berjumlah Rp. 1.073 Trilliun. 
Nikanor Saguruk, selaku Wakil Ketua DPRD Mentawai yang ditemui diruang kerjanya, Senin. ( 03/04/17) mengatakan bahwa untuk APBD 2017 , DPRD telah menyetujui anggaran sebesar 1,2 Trilliun. Dimana alokasi anggaran tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, tetapi terdapat pembagian anggaran dikarenakan pertambahan jumlah Organisasi Pemerintah Daerah ( OPD ) untuk tahun 2017.
Ia jelaskan alokasi APBD 2017 masih memprioritaskan pembangunan diBidang Pendidikan, Kesehatan, Perhubungan dan Pembangunan Insfrastruktur. Dimana untuk pendidikan sebesar 20 persen, sedangkan dibidang kesehatan diprioritaskan untuk pembangunan poskesdes dan pelayanan kesehatan di daerah. Selain itu, 60 Persen pembangunan insfrastruktur akan didilakukan di pulau Siberut yaitu untuk membuka akses jalan dan melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan sejak 2016.
Pembangunan tersebut seperti membuka akses dari Mabukku’ – Sodboyak dan Sodboyak – Betaet. Ia tambahkan, salah satunya pemerintah telah menganggarkan sebesar Rp 3 Milliar untuk perencanaan pembukaan jalan dari Simatalu hingga Sagulubbek. Ia tegaskan , bahwa sejauh ini target pemerintah daerah masih dibidang pembangunan infrastruktur seperti jalan . Dimana hal tersebut dapat mendorong pemerataan pembangunan, peningkatan daya jual beli dan membantu perekonomian masyarakat.(Dika)


Tag :#APBD2017  

lihat : 146