KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Transportasi

  • 11-January-2017
  •  
  • 10:21:56
  •  

MV. MENTAWAI FAST KEMBALI LAYANI RUTE PADANG - SIKAKAP

MC Mentawai  - Setelah sempat tidak beroperasi selama kurang lebih setahun, akhirnya Kapal MV. Mentawai Fast kembali melayani rute  Padang - Sikakap mulai Januari Tahun 2017. Keputusan penambahan rute tersebut telah disepakati oleh pihak Pemkab Mentawai dengan pihak MV. Mentawai Fast baru-baru ini.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Mentawai, Joni Anwar saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (3/1). Bentuk dari kesepakatan kedua belah pihak tersebut akan dilakukan launching pada Jumat, 6 Januari 2017 mendatang di Kecamatan Sikakap.

"Pemkab Mentawai akan mengundang Gubernur Sumbar, anggota DPRD Sumbar dapil 8 dan Komisi IV DPRD Sumbar untuk turut hadir dalam launching Kapal MV. Mentawai Fast untuk beroperasi kembali rute Padang - Sikakap yang pada tahun lalu sempat terhenti," jelasnya.

Lebih lanjut Joni mengatakan Kapal MV. Mentawai Fast, merupakan satu-satunya transportasi laut cepat yang melayani rute Padang - Mentawai selama 3 tahun terakhir ini, yang hanya kurang lebih memakan waktu hanya 3 jam.

Ia menambahkan pada tahun 2016 lalu, MV. Mentawai Fast menambah armada untuk melayani rute Padang - Sikabaluan - Muara Siberut, seiring dengan penambahan rute Padang - Tuapejat - Sioban

"Rute Padang -  Sikabaluan - Muara Siberut itu operasionalnya ditambahkan untuk melayani rute Padang - Sikakap, yang dijadwalkan setiap hari Jumat. Sementara jadwal Padang - Tuapejat tidak berpengaruh akibat penambahan rute ini. Namun harga tiket agak sedikit berbeda dengan rute lainnya, yakni Rp 300 ribu, kalau rute lain hanya Rp 250 ribu," katanya.

Untuk penambahan rute ini, pada Desember lalu, DPRD Sumbar sudah menyetujui subsidi transportasi kapal cepat sebesar Rp1,5 miliar. Subsidi tersebut, untuk bahan bakar kapal dan harga tiket bagi penumpang yang akan berkunjung ke Sikakap. (Nobel)


Tag :MV. Mentawai Fast Kembali Layani Rute Padang - Sikakap   

lihat : 791