KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

MUSARA KASIMAERU

HOME DAERAH Ekonomi

  • 15-December-2016
  •  
  • 15:36:11
  •  

PENAMBANG PASIR DITEMUKAN TEWAS

Penambang Pasir Ditemukan Tewas

MC Mentawai – Setelah melakukan pencarian penambang pasir yang hilang pada Jumat, (9/12) pukul 09.00 wib akhirnya tim gabungan menemukan korban.

Menurut Galor Anas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mentawai, korban bernama Zai (25) tahun asal pulau Nias ditemukan masih dikawasan tempat kejadian perkara (TKP) yakni setengah mil dari dermaga Tuapejat dengan keadaan meninggal.

“korban bernama Zai asal pulau Nias ditemukan di dasar laut dengan kedalaman 15 meter dalam keadaan meninggal” katanya.
Ia menambahkan tim penyelamat yang tergabung dari BPBD, Pos SAR, Pol Airud, Mentawai Diving Club serta masyarakat melakukan pencarian dan pada akhirnya korban ditemukan pada pukul 14.00 wib.

Anas menjelaskan, awalnya korban dan 2 orang rekannya yakni Sirius Bidaya (21) tahun dan Zebua (22) melakukan aktifitas seperti biasa yakni menambang pasir. Setelah mengisi perahu pompong mereka langsung menyeberang menuju Tuapejat. Namun naas pompong yang berisi kurang lebih 3 meter kubik itu tenggelam sekitar pukul 09.00 wib

“awalnya mereka menambang pasir dari pulau dan hendak menuju Tuapejat, namun setelah beberapa saat kemudian perahu pompong mereka tenggelam”

Lebih lanjut ia mengatakan diduga perahu pompong tenggelam akibat over kapasitas. Dan kedua orang rekan korban selamat.
Menurut keterangan rekan korban Sirius Bidaya, korban memang tidak bisa berenang. Ia sudah berusaha menolong korban namun tenaganya tak mampu merangkul korban dalam air dikarenakan ia juga menolong teman korban yang lain yakni Zebua juga tidak bisa berenang.

“saya sudah berusaha menolong dia, tapi saya tidak kuat lagi karena si Zebua juga saya tolong karena dia juga tidak bisa berenang” terangnya sambil berlinangan air mata.

Guna penyelidikan lebih lanjut, korban di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mentawai untuk dilakukan visum setelah itu korban baru diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. (Nobel)


Tag :Bencana, tenggelam, penambang pasir  

lihat : 319